Arti Warna Bunga Mawar


Siapa yang tidak mengenal bunga mawar, bunga yang cantik dan mempunyai aura romantisme yang sangat kental. Meskipun termasuk dalam kategori tanaman semak yang mempunyai banyak duri pada tangkainya, akan tetapi hal ini tidak mengurangi pesona mawar sebagai bunga simbol cinta dan romantisme. Kalau kita membicarakan tentang cinta dan bunga mawar, tentu saja hal yang langsung terbersit di benak kita pastilah si cantik bunga mawar merah. Tapi tahukah anda tentang arti warna bunga mawar yang lainnya? Seperti yang kita ketahui, tanaman mawar mempunyai begitu banyak jenis spesies dengan beragam warna yang mempesona. Oleh sebab itu kali ini kita akan membahas beberapa arti warna pada bunga mawar yang sering sekali kita jumpai di luar sana.

Arti Warna Bunga Mawar

Bunga Mawar Merah

Saat kita berbicara tentang bunga mawar dan keanekaragaman warnanya, sudah dipastikan warna yang paling mencolok adalah warna merahnya. Bunga mawar yang warna merah memang paling banyak dijumpai dan paling sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta. Benarkah? Memang, seperti yang kita ketahui, warna merah sendiri berarti kekuatan dan keberanian. Tak heran kalau mawar yang berwarna merah sering digunakan untuk mengungkapkan cinta karena memang bunga ini merepresentasikan perasaan cinta yang besar dan juga mewakili keberanian seseorang dalam mengungkapkan cintanya.

Bunga Mawar Putih

Selain mawar merah, bunga mawar putih juga tak kalah mempesona. Berbeda sedikit dengan bunga mawar merah, arti warna bunga mawar putih menggambarkan kasih sayang yang tulus, murni dan juga penuh kelembutan. Jika warna merah menggambarkan cinta remaja yang biasanya penuh gejolak dan menggebu, warna putih pada bunga mawar merepresentasikan cinta sejati yang penuh kedewasaan dan tenang.

Bunga Mawar Kuning

Tentu saja, apabila kita membicarakan tentang cinta dan kasih sayang bukan berarti hanya meliputi hubungan percintaan lawan jenis saja. Seperti bunga mawar kuning yang melambangkan kasih sayang antaran sahabat sejati. Warna kuning yang cerah sangat tepat menggambarkan hubungan persahabatan yang biasanya penuh dengan kehangatan, kebahagiaan dan keceriaan.

Bunga Mawar Merah Muda

Arti warna bunga mawar merah muda sejatinya merepresentasikan rasa kagum kepada orang lain. Karena warna merah muda adalah gradasi warna merah yang jauh lebih cerah, maka hal ini bisa dianalogikan seperti perasaan cinta yang kadarnya wajar, yang kemudian bisa diartikan sebagai perasaan kagum. Selain itu, bunga mawar pink atau merah muda juga sering digunakan sebagai ucapan terima kasih.

Bunga Mawar Warna Lainnya

Selain arti warna bunga mawar di atas masih banyak juga warna bunga mawar lain yang unik dan tentu saja mempunyai arti yang berbeda pula. Sebagai contoh adalah bunga mawar biru yang merupakan salah satu warna unik. Karena keunikan warna yang eksotis, bunga ini seringkali digunakan untuk melambangkan cinta pada pandangan pertama. Selain mawar biru ada juga mawar hitam yang tak kalah eksotisnya. Karena perbedaan persepsi akan warna hitam di berbagai budaya, arti bunga mawar yang berwarna hitam pun juga beragam. Bunga ini bisa digunakan saat suasana berkabung untuk mengungkapkan perasaan duka akan kehilangan yang mendalam. Namun di sisi positif, bunga mawar hitam juga menebarkan pesona keanggunan dan kemewahan tersendiri. Ditambah lagi dengan tingkat kelangkaannya, tak heran kalau bunga mawar hitam sering dijadikan hiasan dekorasi acara megah orang spesial.


Leave a Reply