Bunga Mawar Cantik


Seikat bunga mawar cantik mungkin tak pernah gagal membuat hati wanita di luar sana benar-benar berbunga-bunga. Bunga mawar memang dikenal sebagai bunga simbol romantisme dan juga cinta yang mendalam. Sebenarnya apa sih yang istimewa dari tanaman yang satu ini hingga membuat para kaum hawa terpesona dan mengaguminya? Faktanya banyak sekali hal yang membuat bunga ini menjadi begitu spesial dan populer. Apa sajakah kriteria itu? Mari kita membahasnya lebih dalam disini.
Mawar Indah dengan Berbagai Warna

Perlu anda ketahui bahwa tanaman mawar tercatat memiliki banyak sekali jenis spesies yang bisa mencapai seratus lima puluh macam lebih. Banyak sekali bukan? Dari berbagai jenis tanaman mawar itu biasanya mempunyai warna yang sangat  beragam, mulai dari yang cerah mencolok, lembut, dan juga gelap elegan. Tak heran banyak orang dengan mudah jatuh cinta pada tanaman ini karena ragam warnanya yang amat sangat menarik.

Di antara begitu banyak ragam warna bunga mawar cantik di dunia, bunga mawar yang berwarna merah menjadi salah satu jenis bunga mawar yang paling banyak digemari dan digunakan. Warnanya yang cerah dan berani ini sering kali dikaitkan dengan semangat dan gairah cinta yang menggebu-gebu. Banyak sekali orang yang menggunakan bunga mawar merah untuk mengungkapkan cinta kepada gebetan atau sekedar memberinya sebagai kado di momen spesial bersama pasangan.

Selain bunga mawar merah, mawar putih juga tak kalah cantik dan populer. Meski sebagian orang beranggapan bahwa aura romantisme yang diusung bunga mawar putih tidak sekuat mawar merah, tapi keanggunan dan kelembutan warnanya malah dikatakan sebagai simbol cinta sejati yang murni dan harmonis. Atas dasar filosofi inilah bunga mawar yang berwarna putih sering sekali digunakan sebagai hiasan dekorasi acara pesta pernikahan atau buket mempelai wanita. Di sisi lain, bunga mawar putih juga bisa digunakan sebagai simbol penghormatan kepada seseorang yang sudah meninggal. Biasanya orang itu mempunyai hubungan dekat dengan kita atau merupakan seorang yang kita hormati seperti guru dan pahlawan.
Bunga mawar batik (Malibu)

Bunga mawar batik (Malibu)

Bunga mawar merah dan putih memang menawan, tapi masih banyak warna lain yang tak kalah mempesona dibandingkan dengan kedua jenis mawar tadi. Ada bunga mawar warna peach (salem), merah maroon (kehitaman), merah muda, kuning, mawar hijau yang langka keberadaannya. Namun karena fakta inilah bunga mawar dengan warna hijau menjadi begitu eksklusif. Selain warna-warna tersebut, ada juga mawar dengan warna lain yang juga cukup unik seperti mawar-mawar yang memiliki perpaduan berbagai warna yang ada seperti merah putih, kuning merah, batik, dll.

Bentuk Bunga Mawar yang Eksotis

Salah satu alasan yang membuat bunga mawar cantik menjadi begitu mempesona adalah bentuk tanamannya yang begitu eksotis. Sejatinya, bunga mawar adalah tumbuhan semak yang dapat merambat atau bertumpu pada tumbuhan lain. Bagian bunganya sangat indah dan biasanya memiliki daun mahkota ganda yang bertumpuk indah. Akan tetapi, walaupun mempunyai bunga yang indah tapi tanaman ini mempunyai tangkai yang berduri seolah sebagai pelindung dari tangan-tangan yang hendak memetik bunganya. Beberapa jenis spesies bunga mawar bahkan bisa menjadi sangat tinggi hingga beberapa meter, menambah kesan anggun nan angkuh yang menggetarkan hati. Semua kriteria yang dimiliki inilah yang membuat bunga mawar menjadi salah satu dari sekian jenis bunga yang sangat populer di kalangan pecinta tumbuhan. Maka tak heran apabila bunga mawar cantik selalu disebut sebagai ratunya bunga.


Leave a Reply