Jenis Mawar


Sebagai pecinta bunga, terutama bunga mawar, mempelajari keragaman dan juga jenis-jenis mawar adalah suatu kewajiban yang harus kita kuasai. Dengan mengetahui segala hal tentang tanaman mawar kita akan mendapatkan banyak kemudahan jika kita ingin membuat taman mawar di kemudian hari. Jenis dan spesies tanaman mawar sangatlah banyak, apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi yang memudahkan para ilmuwan menemukan inovasi baru dalam menciptakan mawar hibrid. Tentunya jika kita membahas hal ini satu per satu maka tidak akan ada habisnya, jadi untuk saat ini kita akan mempelajari beberapa jenis mawar berdasarkan beberapa kelompok secara umum.

Bibit mawar kami

Bibit mawar kami

Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan asalnya, tanaman bunga mawar bisa dikategorikan menjadi lima jenis. Yang pertama adalah mawar Jepang. Biasanya mawar jenis ini bisa bertahan di iklim yang dingin dan minim intensitas cahaya matahari. Jenis kedua adalah mawar China yang juga memiliki iklim yang sejenis dengan mawar Jepang. Yang ketiga adalah bunga mawar yang berasal dari Timur Tengah, seperti Turki, dan negara sekitarnya. Negara-negara di Timur Tengah biasanya beriklim sedang atau subtropis. Bunga mawar jenis keempat adalah bunga mawar asal Amerika yang mempunyai iklim empat musim. Yang terakhir atau kelompok kelima adalah tanaman mawar yang berasal dari benua Eropa. Biasanya bunga mawar dari kelompok ini memiliki ragam warna yang sangat beragam.

Klasifikasi Bunga Mawar Berdasarkan Kelompok Besar

Berdasarkan pengelompokan secara umum, jenis bunga mawar dibagi menjadi tiga kelompok besar. Kelompok pertama adalah wild rose atau yang dikenal dengan sebutan mawar liar. Seperti namanya, kelompok bunga mawar ini biasanya hidup liar dan sangat mudah sekali untuk tumbuh walaupun di kondisi yang kurang mendukung sekalipun. Bunga mawar jenis ini bukanlah bunga mawar dengan daun kelopak bunga yang bertumpuk, mahkota bunganya biasanya hanya terdiri dari beberapa helai saja. Oleh sebab itu bunga mawar jenis ini biasanya digunakan sebagai lapisan dasar dalam pembuatan karangan atau buket bunga mawar.

Jenis tanaman mawar selanjutnya adalah jenis old garden rose atau bunga mawar taman kuno. Yang dimaksud mawar taman kuno di sini adalah jenis spesies mawar yang sudah ada sebelum ditemukannya mawar jenis hibrid di tahun 60an di Negara Perancis. Biasanya bunga mawar jenis ini mempunyai aroma yang harum, sangat cocok untuk dijadikan minyak esens untuk membuat parfum mawar. Sayangnya, walaupun pada saat mekar tanaman mawar kuno bisa menghasilkan begitu banyak bunga mawar, namun tanaman mawar jenis ini hanya mekar pada satu musim saja. Beberapa jenis bahkan hanya berbunga setahun sekali. Walaupun sekali berbunga bisa bertahan hingga dua bulan tapi kita harus menunggu waktu yang cukup lama untuk si mawar berbunga lagi.

Adapun jenis mawar yang terakhir adalah tanaman mawar taman jenis modern atau modern garden rose. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bunga mawar jenis ini adalah bunga mawar hibrid yang mulai dikembangkan pada tahun enam puluhan di Perancis. Jean Baptist Guillot adalah pemulia mawar atau ahli mawar asal Perancis yang menemukan jenis mawar hibrid yang kemudian dikenal sebagai mawar La France. Jika mawar kuno dan mawar liar biasanya tidak berbunga ganda, bunga mawar taman modern biasanya bertumpuk tumpuk dengan indah. Kelebihan lain dari mawar jenis ini adalah masa berbunganya lebih sering dan lebih lama daripada kelompok jenis mawar yang lain jadi kita bisa menikmati keindahannya lebih lama.


Leave a Reply