Fakta Unik Mawar Hitam


Siapa yang tak terpesona dengan keindahan bunga mawar hitam yang memiliki warna kelam namun elegan? Siapapun pasti akan terpesona oleh bunga yang unik dan langka ini. Meskipun sudah banyak orang yang bisa melihat keindahan bunga mawar hitam dari gambar di berbagai media online tapi tak dapat dipungkiri bahwa keberadaannya masih sangat langka dan hanya sedikit orang saja yang diberi kesempatan emas untuk dapat melihat langsung dan bahkan menyentuhnya. Sebenarnya apa sih bunga mawar hitam itu dan bagaimana bisa bunga ini berwarna hitam pekat. Nah, tidak perlu bingung lagi memikirkan jawabannya karena kita akan membahas fakta fakta mengenai bunga mawar hitam di sini.

Fakta tentang Mawar yang Berwarna Hitam

Tahukah anda bahwa bunga mawar yang berwarna hitam sebenarnya tidaklah mutlak berwarna hitam asli. Faktanya, bunga mawar hitam sebenarnya berwarna ungu tua atau merah kelam. Saking pekat dan tingginya pigmen yang terdapat dalam bunga mawar jenis ini menjadikan warnanya sangat gelap mendekati warna hitam. Menurut riset di dunia tumbuhan, pigmen yang dominan pada tanaman mawar hitam adalah pigmen antosianin. Selain pigmen ini, banyak juga faktor lain yang mempengaruhi secara signifikan seperti kelainan pada genetik jenis spesies mawar tertentu, kandungan substrat yang terkandung dalam tanah tempat tanaman itu tumbuh, iklim dan cuaca, dan juga senyawa flavonoid di daerah tersebut.

Ilustrasi mawar hitam

Ilustrasi mawar hitam

Dikatakan juga bahwa curah hujan dan volume sinar matahari di daerah bunga mawar hitam tumbuh sangat mempengaruhi terbentuknya bunga mawar yang berwarna hitam. Menurut penelitian oleh para ilmuwan botanikal, intensitas sinar matahari yang minim didukung oleh curah hujan yang tinggi adalah syarat utama terciptanya bunga mawar yang berwarna kelam. Pigmen antosianin yang normalnya teroksidasi dan terurai dengan bantuan sinar matahari, dikarenakan curah hujan yang tinggi dan minimnya sinar matahari yang menerangi menyebabkan proses itu tertunda dan akhirnya pigmen antosianin tersebut menumpuk. Penumpukan pigmen inilah yang menyebabkan bunga mawar menjadi berwarna sangat pekat hingga menyerupai warna hitam. Oleh sebab itu, biasanya bunga mawar jenis ini hanya dapat ditemukan di daerah hutan pedalaman di negara yang beriklim sedang atau subtropis.

Filosofi Mawar Hitam

Terlepas dari fakta yang ada tentang bunga mawar hitam, begitu banyak rumor yang beredar mengenai filosofi bunga mawar ini. Warna hitam yang kita tahu memang sering diasosiasikan dengan hal-hal negatif dan berbau mistis. Beberapa orang mengatakan bahwa bunga mawar hitam merupakan perantara antara dunia manusia dan dunia tak kasat mata. Anggapan inilah yang kemudian menjadikan bunga mawar hitam sebagai salah satu bahan sesaji atau jampi-jampi. Terlebih lagi, beberapa orang bahkan mengasosiasikan bunga ini dengan kaum vampir penghisap darah. Mereka beranggapan bahwa bunga ini berasal dari dunia kegelapan.

Selain makna di atas, bunga mawar hitam juga sering dianggap sebagai simbol dari cinta mati. Cinta mati di sini maksudnya adalah cinta yang sangat dalam dan begitu posesif. Cerita cinta jenis ini biasanya menggambarkan seseorang yang sangat setia pada satu pasangan dan rasa cintanya abadi sampai maut memisahkan. Berpindah dari filosofi cinta mati, bunga mawar hitam juga sering digunakan sebagai simbol organisasi gelap atau tertutup, contoh misal, organisasi mafia dan bahkan organisasi pecinta sex yang disertai kekerasan. Bunga mawar hitam juga sering digunakan untuk mengekspresikan rasa duka akan rasa kehilangan yang amat mendalam. Jadi tak heran kalau bunga ini banyak dijumpai menghiasi upacara pemakaman di negara-negara asalnya.

Foto kredit:
Black Rose by Photoshop


One Response

  1. redrose June 9, 2016

Leave a Reply