Makna Dibalik Rangkaian Mawar

0

Kapanpun kita ingin mengungkapkan rasa cinta atau kasih sayang kepada pasangan, mungkin seikat rangkaian mawar yang indah adalah sebuah pilihan yang paling tepat. Sangat dikenal sebagai simbol rasa cinta dan romantisme, bunga mawar tak pernah gagal menjadi sebuah senjata ampuh untuk meluluhkan hati seorang wanita. Tapi ada hal yang sebaiknya kita pelajari dahulu sebelum memberi karangan bunga mawar kepada orang terkasih. Yang pertama tama adalah tips memilih warna bunga mawar yang cocok digunakan untuk orang yang tepat. Yang kedua adalah jumlah tangkai yang baiknya kita berikan kepada orang tersebut mengingat jumlah tangkai mawar yang diberikan mempunyai makna yang berbeda beda. (Baca: Makna Setangkai Bunga Mawar dan Lebih)

Makna Warna pada Bunga Mawar

Hal paling penting dalam menentukan rangkaian mawar yang akan diberikan adalah tema warnanya. Jika anda ingin mengungkapkan rasa cinta yang bergelora kepada calon pasangan anda, dapat dipastikan bunga mawar yang harus anda pilih adalah mawar merah. Mawar merah yang cerah dan berani melambangkan rasa cinta yang besar dan menggebu. Tapi apabila anda ingin menghadiahkan rangkaian bunga mawar kepada pasangan sejati anda, maka jenis mawar yang cocok digunakan adalah bunga mawar putih. Bunga mawar yang berwarna putih adalah simbol keharmonisan dan cinta sejati, jadi bunga ini akan sangat cocok menggambarkan hubungan yang matang dan tenang. Untuk kedua kasus di atas, bentuk karangan bunga yang cocok bisa beragam. Akan tetapi, bentuk rangkaian yang paling banyak disukai adalah karangan bunga buket yang berbentuk hati.

Ilustrasi Rangkaian Mawar

Selain bunga mawar putih dan merah, masih ada banyak warna bunga mawar lain yang juga cocok untuk karangan bunga. Jika anda ingin memberikan rangkaian bunga kepada sahabat anda, maka bunga mawar yang berwarna cerah seperti kuning, ungu, merah muda atau hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Bunga mawar dengan warna-warna cerah ini dapat menggambarkan keceriaan, kasih sayang dan juga penghormatan. Selain sahabat, anda juga bisa memberikan rangkaian mawar seperti ini kepada saudara dan juga orang tua.

Untuk mengungkapkan rasa duka cita atau kehilangan yang mendalam, biasanya mawar hitam menjadi pilihan. Warnanya yang gelap dan sendu seolah mengekspresikan rasa duka akan kepergian orang tersayang. Akan tetapi, melihat kelangkaan mawar jenis ini di negara tropis seperti Indonesia, banyak orang kemudian menggantinya dengan mawar putih yang juga bisa berarti sebagai lambang penghormatan terakhir bagi orang yang telah tiada.

Jumlah Tangkai pada Rangkaian Bunga

Terlepas dari persoalan warna, ada hal lain yang juga mempunyai makna penting dalam merangkai karangan bunga mawar, yaitu jumlah tangkainya. Menurut data yang beredar luas, ada beberapa angka spesial yang mempunyai arti beragam dalam hal rangkaian mawar ini. Seperti contoh, sekuntum mawar merah bisa diartikan sebagai lambang cinta sejati yang hanya untuk seorang saja. Yang lebih unik lagi adalah angka 13 yang melambangkan bahwa rangkaian bunga tersebut adalah dari seorang pengagum rahasia. Ada pula karangan bunga mawar berjumlah 24 kuntum yang berarti si pengirim selalu memikirkan pujaannya, dua puluh empat jam penuh sehari. Jika anda ingin membuat kesan yang lebih kuat dan serius, mungkin anda harus mengirimkan rangkaian mawar yang lebih besar. Anda bisa mengirimkan buket bunga mawar yang berjumlah seratus tangkai untuk mengungkapkan bahwa anda akan mencintainya sampa kakek-nenek nanti. Jika anda masih menganggap karangan 100 mawar masih kurang, karangan mawar berjumlah 1001 atau 999 mungkin lebih tepat. Karangan bunga sebanyak ini mempunyai makna bahwa cinta yang anda berikan kepada pasangan anda adalah cinta yang abadi.

Foto kredit: anonymous to you

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here