Mengenal Mawar Batik


Apakah anda bosan dengan warna polos pada bunga mawar? Kalau begitu anda harus mengenal mawar jenis lain yang mempunyai corak warna yang unik. Salah satu mawar yang memiliki corak warna yang unik adalah mawar batik. Mawar jenis ini biasanya terdiri dari dua warna dan memiliki corak atau motif seperti batik. Nah, anda tentunya penasaran bukan? Di sini kita akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan mawar jenis batik ini sehingga pemahaman akan mawar varietas ini lebih banyak dan popularitasnya bisa semakin dikenal di masyarakat luas.

Asal Usul Mawar Batik

Sesungguhnya mawar yang bercorak batik ini pertama kali ditemukan di negara Belanda. Mawar batik ini sendiri baru mulai dikenal di Indonesia pada sekitar tahun 2000-an. Pada dasarnya mawar yang disebut mawar batik ini mempunyai motif titik titik atau biasa disebut polkadot. Namun seiring dengan mekarnya bunga mawar ini, motif polkadotnya melebar hingga mirip motif salur batik. Tak heran kalau mawar ini begitu masuk ke Indonesia langsung disebut mawar batik.

Mawar batik

Mawar batik

Menurut ahli holtikultura, mawar dengan corak batik merupakan hasil persilangan antara mawar liar atau biasa disebut mawar kampung dengan mawar modern atau mawar impor. Setelah disilangkan sekali, hasil silangannya kemudian disilangkan sekali lagi sehingga bisa menghasilkan mawar dengan corak dua warna yang menyerupai motik batik. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, orang tidak lagi menciptakan mawar batik dari proses penyilangan yang berulang ulang lagi tapi dari proses okulasi sehingga hasil yang didapatkan bisa jauh lebih banyak dalam kurun waktu yang lebih singkat.

Fakta Tentang Mawar Batik

Karena tercipta dari campuran berbagai jenis bunga mawar, sangat wajar kalau bunga mawar batik masih memiliki beberapa kekurangan dibanding dengan mawar yang biasa. Kekurangan yang paling menonjol adalah tingkat keharuman bunga ini. Kalau beberapa jenis bunga mawar diketahui memiliki aroma yang kuat hingga sering kali dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat minyak wangi atau parfum mawar, anda mungkin agak sedikit kecewa dengan mawar bercorak batik ini. Mawar hasil persilangan ini mempunyai aroma yang cukup lemah. Walaupun begitu, bunga mawar batik memiliki duri yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis tanaman bunga mawar pada umumnya. Jadi mawar batik potong akan menjadi pilihan yang tepat dan aman untuk diletakkan di dalam vas dan dijadikan hiasan di atas meja, hanya saja berbeda dengan jenis mawar potong pada umumnya (mawar semi holland), mawar batik ini termasuk kedalam kategori mawar hias yakni lebih cocok dijadikan sebagai hiasan tanaman dalam pot atau ditanam langsung pada pekarangan rumah.

Mawar batik belang sutin

Mawar batik belang sutin

Sejauh ini, sudah ada beberapa jenis mawar batik yang dapat kita jumpai di luar sana. Yang pertama adalah mawar batik merah muda. Mawar batik jenis ini mungkin adalah jenis mawar bermotif batik yang paling banyak ditemui. Selain mawar batik merah muda, ada juga mawar batik orens dan juga mawar batik merah maroon. Anda bisa memilih jenis mawar batik mana yang anda suka untuk ditanam di taman rumah.

Jika anda ingin menanam mawar jenis ini, ada beberapa tips yang harus anda pelajari terlebih dahulu. Pertama tama, mawar batik menyukai hawa yang sejuk namun tetap membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup. Untuk membuatnya sering berbunga, anda juga harus rajin memotong tangkainya. Setiap bunga mawarnya akan layu, anda harus segera memotong tangkainya sebelum bunganya rontok. Dengan begitu batang tunas bunga baru akan segera muncul menggantikan yang lama. Sekali berbunga si cantik mawar batik ini bisa bertahan hingga satu minggu.

Mawar batik abra belang

Mawar batik abra belang

Ingin menanam mawar batik? Silahkan pesan melalui kontak yang tersedia.


Leave a Reply