Arti Bunga Mawar Kuning


Bunga mawar kuning yang segar dan cerah memang memiliki pesonanya sendiri. Bagi orang yang menyukai warna kuning, bunga mawar jenis ini pasti akan menjadi pilihan favorit mereka ketimbang bunga mawar warna merah yang sangat populer itu. Meski begitu, tidak banyak orang tahu makna apa saja yang sebenarnya diusung mawar dengan warna kuning. Mungkin karena minimnya pemahaman akan arti mawar kuning ini pulalah banyak orang yang masih ragu untuk menggunakannya dalam momen tertentu. Demi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik akan hal ini, kali ini kita akan membahas segala sesuatu tentang bunga mawar kuning.

bunga mawar kuning semi holland

Fakta tentang Mawar Kuning

Pigmen apa sih sebenarnya yang mempengaruhi warna kuning pada bunga mawar? Sebenarnya tidak hanya bunga mawar, pada tumbuhan yang lainpun warna kuning dipengaruhi oleh pigmen betaxantin yang merupakan pigmen turunan dari betalain. Pigmen yang ditemukan dalam tumbuhan ini sebenarnya juga mempengaruhi warna merah, yang disebut pigmen betasianin. Pigmen ini seringkali ditemukan pada tumbuhan yang memiliki warna ungu, merah, orens dan juga kuning seperti buah bit, bunga mawar kuning, buah strawberri dan masih banyak lagi. Jenis pigmen betalain ini biasanya hanya terdapat pada tumbuhan yang tidak mengandung pigmen antosianin, pigmen yang mempengaruhi warna biru pada tumbuhan.

Arti Warna Kuning dan Bunga Mawar

Menurut ilmu psikologi, warna kuning adalah warna yang melambangkan keceriaan. Seringkali diasosiasikan dengan warna cahaya matahari, warna kuning juga dianggap sebagai warna yang dapat merepresentasikan kehangatan, seperti sinar matahari yang memberi cahaya dan menghangatkan dunia. Selain itu, warna kuning juga memiliki banyak makna positif lain seperti kebahagiaan, semangat dan sifat optimis. Mereka yang menyukai warna ini penuh dengan ide kreatif, ceria, dan mempunyai jiwa yang penuh semangat.

Atas dasar beberapa makna warna kuning di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bunga mawar kuning juga mengusung aura yang sama. Karena pada dasarnya bunga mawar dianggap sebagai simbol cinta dan kasih sayang, jika dipadukan dengan warna kuning maka makna yang dibawa menjadi cinta yang bersemangat. Oleh sebab itu mawar kuning sering dianggap sebagai lambang persahabatan. Hubungan antara sahabat memang melibatkan kasih sayang yang berbanding lurus dengan cinta kepada pasangan, walaupun dengan model yang berbeda. Perjalanan persahabatan biasanya juga dipenuhi dengan keceriaan dan juga saling berbagi. Sebelum berpasangan, kita tentunya juga menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk berkumpul dan bermain bersama teman baik kita kan?

Selain dianggap sebagai simbol cinta dan persahabatan, bunga mawar kuning juga dikatakan sebagai simbol pencapaian puncak kesuksesan atau prestasi dalam hidup. Itulah mengapa banyak orang yang memilih buket bunga mawar kuning sebagai persembahan kepada sahabat atas kelulusannya atau saat pencapaian target dalam karirnya. Kita juga bisa memberikan kado buket bunga mawar warna kuning sebagai ucapan selamat kepada teman atau saudara yang baru saja mendapatkan momongan. Hal ini dikarenakan warna kuning juga melambangkan awal yang baru, sama seperti lahirnya jiwa baru dalam sebuah keluarga.

Meskipun bunga mawar kuning sekarang menjadi sebuah simbol kasih sayang, persahabatan dan juga pencapaian akan suatu prestasi, namun tahukah anda bahwa pada jaman dahulu kala, di era Victoria, bunga mawar yang berwarna kuning sering diasosiasikan dengan perselingkuhan dan iri hati. Itulah mengapa pada jaman dahulu bunga mawar kuning sangat jarang digunakan sebagai kado pemberian kepada orang yang disayang.

 


Leave a Reply