Makna dan Manfaat Mawar Putih


Bunga mawar yang berwarna putih sebenarnya mempunyai makna yang tak kalah dalamnya jika dibandingkan dengan bunga mawar merah. Memang, pada jaman modern ini bunga mawar merah dianggap sebagai bunga yang melambangkan cinta sejati. Tapi tahukah anda bahwa arti cinta sejati sebenarnya pada mulanya dilambangkan oleh bunga mawar putih sejak jaman dahulu kala? Lalu bagaimana sebenarnya sejarah mawar putih dan makna apa saja yang sudah melekat pada bunga mawar jenis ini? Kali ini kita akan membahas semua tentang mawar putih secara gamblang di artikel ini. Semoga saja informasi yang ada di sini bisa memberikan pencerahan tentang makna dan juga manfaat mawar yang berwarna putih.

Mawar Putih dan Pernikahan Tradisional

Bunga mawar yang berwarna putih pada jaman dahulu sangat erat dikaitkan dengan pernikahan. Seperti yang kita tahu, pernikahan biasanya memang mengusung warna putih sebagai warna utama tema pesta atau upacara pernikahan yang sakral. Warna putih sendiri memang dikenal sebagai lambang kesucian dan juga ketulusan. Dua hal inilah memang yang seharusnya menjadi dasar yang penting dalam suatu upacara pernikahan. Pernikahan tidak hanya melulu tentang cinta yang menggebu tapi lebih kepada kasih sayang, ketulusan, komitmen dan juga keharmonisan. Itulah mengapa orang jaman dulu yang sangat menjunjung tinggi hubungan pernikahan lebih memilih menggunakan mawar putih sebagai bunga yang tepat untuk melambangkan kehidupan pernikahan. Meskipun tradisi ini dianggap kuno, apalagi melihat ragam warna bunga mawar di era modern yang sangat banyak, tapi masih banyak orang yang mempercayai bahwa bunga mawar putih adalah bunga yang paling tepat menggambarkan kesucian pernikahan.

mawar putih setangkai

Mawar Putih yang Sentimental

Seperti yang sudah kita pelajari di atas, mawar putih sudah sejak dulu dianggap sebagai bunga pernikahan itulah mengapa bunga mawar berwarna putih dikatakan sebagai bunga mawar yang sentimental, melebihi bunga mawar merah yang sangat populer. Mengapa bisa begitu? Sebenarnya dasar filosofi ini tidak jauh berhubungan dengan makna warna putih yang sangat universal dan juga dalam. Warna putih selain melambangkan kesucian dan ketulusan juga merupakan gambaran sesuatu yang murni. Itulah mengapa bunga mawar putih bisa bermakna begitu sentimental. Contoh misal, kalau mawar merah dapat diartikan sebagai rasa cinta yang sedang mekar dan bergelora, lain halnya dengan mawar putih. Mawar yang berwarna putih juga melambangkan rasa cinta tapi rasa cinta yang diusung adalah cinta sejati yang penuh komitmen, tulus, dan juga penuh dengan pengertian. Seperti makna warna putih, bunga mawar putih juga seolah mengikrarkan cinta yang murni antara dua orang, tanpa syarat dan pengkhianatan.

Makna Lain dari Mawar Putih

Selain makna atau arti yang sudah disampaikan sebelumnya, bunga mawar putih juga bisa berarti kasih sayang antar sahabat dan juga sebagai bentuk penghormatan. Sebagian orang beranggapan bahwa warna putih yang lebih kalem daripada warna merah juga dapat diartikan bahwa aura cinta yang dibawa lebih rendah levelnya daripada mawar merah. Apabila mawar merah melambangkan cinta untuk pasangan, maka mawar putih melambangkan cinta kepada sahabat, saudara atau keluarga. Di sisi lain, mawar putih juga sangat lazim digunakan sebagai tanda penghormatan terakhir kepada almarhum kekasih, keluarga, kerabat, pahlawan, guru, dan orang lain yang dihormati. Jika anda cermat, anda pasti sering menemukan karangan bunga mawar yang berwarna putih mengiringi pemakaman seseorang. Hal ini dikarenakan warna putih merupakan simbol penghormatan yang tulus kepada seseorang.


Leave a Reply