Fakta Dibalik Pohon Mawar


Pada kesempatan ini kita akan membahas segala informasi dan fakta mengenai pohon mawar atau tanaman bunga mawar. Tanaman ini banyak diminati pecinta tumbuhan karena memiliki bunga yang sangat indah. Ditambah lagi, tanaman mawar memiliki begitu banyak jenis spesies dengan warna yang sangat beragam. Lantas bagaimana caranya mengenali tanaman mawar untuk membedakannya dengan tanaman bunga lain? Di sini, akan dibahas beberapa kriteria tanaman bunga mawar yang bisa kita jadikan patokan dalam mengenali pohon mawar dengan lebih baik lagi. Kita akan membahas tentang ciri fisik pohon bunga mawar mulai dari tangkai, daun, dan juga bunganya. Selain itu juga ada beberapa informasi tambahan yang bisa anda gunakan untuk melengkapi kamus anda di bagian bab bunga mawar.

Pohon mawar

Pohon mawar

Kriteria Tanaman Mawar

Menurut kamus tumbuhan, tanaman mawar berada di famili tumbuhan semak yang hidupnya merambat atau menumpang. Anda juga perlu mengetahui bahwa akar pohon mawar merupakan akar tunggang karena tumbuhan ini merupakan tumbuhan berjenis dikotil atau berbiji ganda. Oleh sebab itu walaupun pohon tanaman bunga mawar tidak bisa tumbuh sebesar pohon buah mangga tapi jenis pohon bunga mawar adalah pohon yang berbatang kayu. Hal ini disebabkan jenis tumbuhan dikotil biasanya mempunyai kambium yang memungkinkan batang pohonnya untuk membesar. Selain itu, jenis tanaman bunga mawar juga mempunyai akar tunggang yang kuat. Walaupun begitu, tangkai pohon bunga mawar bisa hidup merambat pada batang pohon lain yang lebih besar atau bahkan obyek lain seperti tembok dan pilar untuk jenis mawar rambat.

Biasanya pohon tanaman mawar bisa tumbuh sangat tinggi dan juga besar. Tapi hal ini juga dipengaruhi dari jenis spesies bunga mawarnya. Ada bunga mawar yang tingginya bisa mencapai dua ratus sentimeter. Ada pula yang tingginya hanya mencapai enam puluh sentimeter. Bunga mawar jenis ini biasanya dikenal sebagai bunga mawar mini yang memang tidak bisa tumbuh besar. Biasanya tanaman mawar jenis ini sangat cocok ditanam di pot kecil untuk menghiasi halaman rumah.

Selain ciri ciri di atas, kriteria lain yang dapat dilihat dari bunga mawar adalah tangkai pohonnya yang berduri. Duri ini juga berbeda beda dari tiap jenis spesies bunga mawar yang jumlahnya melebihi seratus jenis. Ada beberapa jenis bunga mawar yang mempunyai duri yang banyak dan rapat. Tapi ada juga spesies tanaman mawar yang mempunyai duri yang jarang. Tingkat ketajaman duri yang terdapat di pohon mawarpun berbeda beda, ada yang tajam dan ada pula yang tidak. Biasanya duri-duri pada tanaman mawar terletak di sekujur tangkainya, tapi ada pula yang hanya terdapat di bagian pangkal tangkainya saja.

Setelah membahas kriteria bagian batang dan duri, ciri lain yang ada pada pohon mawar adalah bagian bunganya yang indah. Di dalam dunia tanaman mawar, bagian bunganya ada beberapa jenis yang berbeda. Ada yang mempunyai mahkota bunga tidak ganda dan terdiri dari lima lembar daun mahkota saja. Namun ada juga kategori bunga mawar yang bermahkota ganda. Biasanya bunga mawar jenis ini memiliki mahkota bunga yang bertumpuk tumpuk dan jumlahnya bisa puluhan lebih dalam setiap bunganya. Selain itu, bagian daun kelopak juga bermacam macam. Ada daun yang bergelombang dan ada pula yang lurus menyirip. Tentu saja, bentuk daun kelopak ini juga mengikuti jenis bunga mawar yang ditanam, jadi pastinya akan menambah keindahan tanaman mawar itu secara keseluruhan.


Leave a Reply