Makna Sekuntum Mawar Merah


Ketika kita mendengar kata sekuntum mawar merah, hal pertama yang terlintas di pikiran kita mungkin adalah sebuah judul lagu dangdut yang sangat populer di era delapan puluhan. Lagu ini dipopulerkan oleh ratu dangdut pada saat itu, Elvy Sukaesih. Tapi bukan lagu ini yang akan kita bicarakan di sini, melainkan setangkai mawar yang berwarna merah. Satu tangkai bunga mawar dengan warna merah memiliki beberapa makna yang berbeda beda. Perbedaan makna ini dipengaruhi oleh asal daerah dan juga tempat peletakan. Nah, apakah anda penasaran dengan macam macam makna sekuntum mawar merah? Sekarang anda tidak perlu lagi menerka nerka karena semuanya akan kita bahas di sini secara singkat tapi jelas.

Sekuntum mawar merah

Makna Menurut Asal Daerah

Di berbagai tempat atau negara, arti sekuntum mawar merah juga berbeda beda pula. Jadi anda harus sangat berhati hati jika ingin menggunakan atau memberikan bunga mawar merah pada seseorang. Pastikan anda memahami asal orang tersebut dan juga makna yang akan dia tangkap mengenai hal ini. Contoh misal di negara Italia, sekuntum mawar merah yang dikenakan atau disematkan di baju pada hari ibu menandakan bahwa si empunya masih memiliki ibu di hidupnya. Sedangkan orang orang yang ibunya sudah meninggal memakai sekuntum mawar putih. Masih di Italia, tepatnya di kota Roma, seseorang yang sengaja meletakkan sekuntum mawar berwarna merah di depan rumah atau pintu kamarnya dapat diartikan bahwa orang tersebut sedang tidak menginginkan adanya gangguan dari luar. Setangkai bunga mawar di Jerman yang berada di Katedral Hildesheim bahkan melambangkan keabadian karena konon katanya bisa hidup hingga seribu tahun lamanya.

Makna Menurut Tempat Peletakan

Selain asal daerah, sekuntum mawar merah juga bisa mempunyai makna yang berbeda beda jika dilihat dari tempat peletakannya dan juga bagaimana cara penerimaannya. Menurut tradisi kuno, sekuntum mawar berwarna merah yang disematkan di rambut atau kepala menandakan bahwa si pemakai sedang dalam keadaan yang hati hati atau waspada. Sedangkan jika seseorang memakai sekuntum mawar di kantong baju dekat dengan area jantung berarti si pemakai sedang jatuh cinta. Namun jika mawarnya diletakkan di tengah dada maka maknanya adalah persahabatan dan kenangan. Selain cara peletakan, cara penerimaannya juga memiliki arti tersendiri pada saat itu. Jika setangkai mawar merah diterima menggunakan tangan kanan berarti si penerima menerima atau menyetujui. Tapi kalau si penerima menerima dengan tangan kirinya maka artinya adalah penolakan atau tidak setuju. Tata cara di atas adalah pemahaman yang sudah ada sejak jaman era Victoria dahulu kala jadi mungkin tidak banyak orang yang paham akan tradisi ini.

Makna Lain Tangkai Bunga Mawar Merah

Selain arti di atas, sekuntum mawar merah juga mempunyai arti cinta yang mendalam. Jika anda mendapatkan setangkai mawar merah dari seseorang, itu berarti orang tersebut ingin menyatakan bahwa anda adalah cinta sejatinya dan di hatinya hanya ada anda seorang. Terlebih lagi jika seseorang memberikan setangkai bunga mawar setiap bulan kepada anda, hal ini melambangkan bahwa si pemberi ingin memuji kecantikan anda yang tak pernah pudar. Akan tetapi, sekuntum mawar yang berwarna merah tidak selalu berartikan cinta antar pasangan. Sekuntum mawar merah juga dapat diartikan sebagai lambang terima kasih yang sangat mendalam dari seseorang untuk orang lain.


Leave a Reply