Bunga Mawar Merah Dan Putih


Dua jenis warna bunga mawar yang paling populer adalah bunga mawar merah dan putih. Bunga mawar merah, seperti yang kita ketahui bersama, sangat populer sebagai simbol cinta yang menggelora. Sedangkan bunga mawar putih sendiri lebih dikenal sebagai bunga yang melambangkan cinta sejati dan keharmonisan. Banyak sekali sebenarnya makna yang terdapat dalam bunga mawar yang berwarna merah dan juga putih. Untuk memahami lebih dalam tentang dua jenis bunga mawar yang populer ini, di sini sudah dikumpulkan beberapa fakta dan informasi tentang mawar putih dan mawar merah yang bisa kita gunakan sebagai referensi.

Bunga Mawar Merah dan Putih

Seperti yang sudah dijelaskan di banyak penelitian hortikultura yang terfokus pada tanaman mawar, bunga jenis ini mempunyai ragam warna yang amat sangat banyak. Ada yang berwarna merah cerah, merah gelap, ungu, biru, jingga, kuning, putih dan bahkan hijau. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan perbedaan warna ini? Yang mempengaruhi perbedaan warna pada bunga mawar adalah pigmen yang ada pada tanaman. Ada dua jenis pigmen primer yang ditemukan pada tumbuhan, yang pertama adalah klorofil, karotenoid, antosianin, dan juga betalain.

Pigmen klorofil adalah pigmen yang mempengaruh tanaman untuk berwarna hijau dan segala warna turunannya. Sedangkan pigmen karotenoid adalah pigmen yang biasanya ada pada tumbuhan dengan kombinasi warna merah, jingga dan kuning. Apabila kita menemukan tanaman yang berwarna semu ungu dan biru, itu berarti pigmen yang mendominasi adalah pigmen antosianin. Selain itu, ada juga pigmen betalain yang mempengaruhi tanaman untuk berwarna kuning dan semu merah.

Dengan penjelasan di atas, dapat ditarik analisa sederhana kira-kira pigmen manakah yang mempengaruhi bunga mawar sehingga dapat berwarna merah dan putih? Benar sekali, warna merah pada bunga mawar bisa dipengaruhi oleh pigmen betalain dan karotenoid yang mendominasi. Lantas bagaimanakah dengan mawar putih? Warna putih pada tanaman sejatinya masih dipengaruhi pigmen klorofil. Akan tetapi kadar pigmen ini begitu minim sehingga warna yang dihasilkan menjadi putih atau pucat.

Buket Bunga Mawar Merah dan Putih

Perpaduan antara bunga mawar yang berwarna merah dan putih merupakan kombinasi yang sangat tepat untuk sebuah karangan buket bunga mawar. Banyak sekali buket bunga mawar dengan kombinasi seperti ini yang ditemukan di luar sana. Warna merah cerah dan mencolok akan sangat kontras dengan warna bunga mawar putih yang kalem dan lembut. Menggabungkan kedua jenis bunga mawar ini akan mendapatkan sebuah perpaduan yang mencolok tapi juga kalem pada saat bersamaan. Jika anda bosan dengan buket bunga mawar yang mempunyai warna monoton, dapat dipastikan karangan bunga yang memadukan bunga mawar merah dan putih ini akan menjadi solusi yang tepat.

Bunga Mawar Merah Dan Putih

Lantas untuk momen seperti apakah karangan bunga mawar merah dan putih sebaiknya digunakan? Karena memilikii arti yang universal dalam hal percintaan dan juga persahabatan, buket bunga mawar seperti ini bisa digunakan untuk berbagai momen. Anda bisa memberikannya sebagai kado kepada pasangan pada saat perayaan ulang tahunnya ataupun kepada sahabat anda yang anda sayangi. Buket kombinasi bunga mawar dan putih juga bisa digunakan sebagai buket pengantin wanita di hari pernikahan. Buket jenis ini akan melambangkan pernikahan yang penuh cinta namun tetap tenang dan juga harmonis.

Namun, dapat juga dijadikan sebagai hiasan atau menyambut perayaan Dirgahayu Indonesia pada tanggal 17 Agustus dimana mawar merah dan putih ini dapat melambangkan warna bendera kita yakni merah putih.

*Artikel ini di publish tepat pada tanggal 17 Agustus 2016 (Dirgahayu Indonesia ke 71). Semoga Indonesia dapat menjadi negara yang merdeka dalam artian yang sesungguhnya.


Leave a Reply