Bunga


Bunga adalah salah satu bagian penting yang muncul pada tanaman hias. Begitupun pada pepohonan seperti pepohonan yang menghasilkan buah-buahan, bunga biasanya menjadi ciri atau cikal bakal pohon itu akan menghasilkan buah. Bunga biasanya muncul pada sebuah ujung tangkai tanaman. Bunga memiliki kelopak, pada bagian dalam kelopak biasanya menghasilkan serbuk sari dan biji.

Dalam banyak tanaman hias, bunga adalah bagian yang paling berwarna-warni dan biasanya paling disukai dan ditunggu kemunculannya. Di dunia ini banyak sekali keanekaragaman jenis bunga, dalam suatu tanaman, bunga dapat muncul secara majemuk (muncul bersama-sama) dalam satu tangkai maupun secara tunggal. Pada kasus bunga mawar, mereka memiliki jenis yang berbeda-beda ada yang muncul secara tunggal dan majemuk. Namun pastinya kemunculan bunga pada tanaman mawar merupakan yang paling dinanti-nanti setiap penanamnya dikarenakan memiliki bentuk dan warna yang indah.

Bunga Mawar

Bunga Mawar

Pada umumnya fungsi biologi dari bunga adalah sebagai organ seksual yang menaungi mikrospora (gamet jantan) dan makrospora (gamet betina) untuk menghasilkan biji, dimana biji ini nantinya dapat menjadi tanaman baru. Namun, dalam kasus bunga mawar khususnya yang sering kita temui di Indonesia yakni bunga mawar semi holland dan bunga mawar hias, bunga mawar sulit untuk dikembangkan melalui biji akan tetapi dengan metode teknik okulasi.

Pada kasus bunga mawar khususnya di Indonesia, fungsi dan tujuan utama dibudidayakannya bunga ini adalah sebagai unsur pendapatan ekonomi dimana bunga mawar begitu populer untuk dijadikan sebagai bunga potong yang dapat dirangkai sedemikan rupa sehingga menjadi nilai ekonomi yang menjanjikan. Pun dengan bibit mawar yang dikembangkan dari teknik okulasi banyak diburu oleh masyarakat sebagai tanaman penghias halaman rumah yang tiada lain dikarenakan indahnya bunga dan warna yang dihasilkan oleh tanaman ini.

Pertumbuhan bunga pada suatu tanaman sangatlah berbeda-beda. Ada yang tumbuh dengan cepat, sedang, lamban dan bahkan sangat lamban. Pada kasus tanaman mawar, pertumbuhan bunga termasuk kedalam golongan yang tumbuh secara lamban. Bunga mawar akan muncul atau mekar pada suatu tangkai secara rata-rata membutuhkan waktu selama 30-45 hari. Tak heran jika seseorang yang baru menanam bunga mawar dengan bibit yang masih kecil dimana tangkai-tangkainya masih sedikit akan merasa kecewa jika bunga mawar yang baru mekar dan ketika tiba masa gugurnya karena itu berarti dia harus menunggu lagi selama 30-45 hari ke depan untuk mendapatkan bunga baru.

Namun, jika tanaman mawar sudah dewasa dengan memiliki banyak tangkai dimana tangkai-tangkai tersebut adalah cikal bakal penghasil bunga. Bunga mawar akan terasa cepat berbunga dikarenakan setiap tangkai akan silih berbunga secara bergantian. Jika satu tangkai bunga pada tanaman ini sedang berbunga, maka tangkai lainnya bisa jadi sedang memiliki kuncup bunga sehingga jika bunga pada tangkai pertama akan mengalami masa gugur, maka tangkai lainnya akan mengalami masa pemekaran dan begitu seterusnya sehingga bunga pada satu tanaman mawar tidak akan terasa seperti berbunga setiap 30-45 hari. Hanya saja tanaman mawar dapat menjadi seperti ini (dewasa) pada umur minimal 18 bulan (1,5 tahun).

Apakah Anda sekarang tertarik untuk menanam bunga? Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis tanaman bunga yang dapat kita tanam seperti bunga Anggrek, Lily, Anyelir, Begonia, Hortensia, Cempaka, Gerbera, Matahari dan masih sangat-sangat banyak sekali. Namun, diantara banyaknya jenis bunga yang ada, tanaman bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias ter-favorit. Bagi yang berminat untuk menanam tanaman ini, silahkan pesan bibitnya melalui kontak yang tersedia pada web ini.


Leave a Reply