Mawar Biru


Saat kita membicarakan tentang jenis tanaman mawar yang langka, bunga mawar biru adalah jenis bunga mawar selain bunga mawar hitam yang masih belum banyak orang yang mengetahui akan kebenarannya. Jika tanaman mawar yang mempunyai warna hitam memang benar adanya, walaupun sejatinya warna pada bunga mawar bukan murni warna hitam melainkan warna magenta atau ungu yang sangat gelap, tapi keberadaan bunga mawar biru yang asli masih dipertanyakan. Benarkah di dunia ini memang ada bunga mawar yang berwarna biru? Jika memang ada, di manakah kita bisa menyaksikan keindahannya? Mari kita mencari tahu beberapa fakta tentang tanaman bunga mawar berwarna biru bersama-sama di sini.

Fakta tentang Bunga Mawar Biru

Pada mulanya, mawar biru tidaklah nyata di dalam dunia holtikultura di dunia. Orang-orang hanya menggunakan pewarna buatan berwarna biru untuk memodifikasi mawar yang berwarna putih. Maka tidak heran, pada bunga mawar yang berwarna biru yang dengan mudah kita temukan melalui mesin pencarian di dunia maya kita akan mengenali bunga mawar warna biru yang masih terlihat dasar warna putihnya. Hal ini disebabkan oleh proses pewarnaan mawar putih dengan pewarna biru tersebut. Pertama tama kita campurkan dulu bubuk pewarna biru buatannya ke dalam seember air, lalu kita celupkan tangkai mawar putih potong yang ingin kita ubah warnanya menjadi biru. Diamkan beberapa lama hingga warna birunya terserap oleh tangkai mawar dan kelopak bunganya. Proses pewarnaan ini sebenarnya sudah sangat lazim, seperti proses pewarnaan bunga sedap malam yang sudah banyak diperjual belikan secara luas.

Mawar biru celupan kami

Mawar biru celupan kami

Rekayasa Genetik pada Mawar

Meskipun mawar biru yang ada pada saat itu merupakan modifikasi yang sederhana menggunakan pewarna buatan, akan tetapi para ilmuwan holtikultura merasa tertantang untuk mempelajari tentang mawar biru dengan lebih mendalam. Pada tahun 2004 lalu, perusahaan jepang yang bernama Suntory resmi meluncurkan temuan mereka yaitu bunga mawar biru genetik. Setelah lebih dari tiga belas tahun masa penelitian tentang mawar dan pigmentasinya, perusahaan Suntory yang bekerja sama dengan Florigene, perusahaan asal Australia, berhasil melakukan rekayasa terhadap mawar putih untuk menghasilkan warna biru. Meskipun sebenarnya warna biru yang dihasilkan bukanlah warna biru menyala pada umumnya, namun mawar biru Suntory memiliki warna lilac yang paling mendekati warna biru dibanding rekayasa genetik lain.

Tahukah anda bahwa warna biru yang ada pada segala jenis tanaman terbentuk karena adanya pigmen tumbuhan yang bernama delphinidin. Pigmen ini merupakan hasil dari pigmen antosianin yang merupakan pigmen utama pada tumbuhan. Delphinidin adalah pigmen yang mempengaruhi warna tumbuhan atau bunga menjadi berwarna semu biru. Pigmen ini biasa ditemukan di tumbuhan yang memiliki warna merah pekat semu biru atau ungu seperti, cranberries, raspberrry, blueberry, blackcurrant dan juga terong ungu.

Pigmen inilah yang menjadi senjata utama para ilmuwan holtikultura dalam menciptakan mawar biru melalui rekayasa genetik. Walaupun proses penelitian yang memakan waktu yang sangat lama, tapi hasil yang didapatkan cukup memuaskan. Hingga saat ini, bunga mawar Suntory sudah diperjual belikan secara luas di seluruh penjuru dunia. Menurut kabar, perusahaan Suntory mematok harga sepuluh kali lipat lebih mahal dari bibit mawar biasanya. Jika bibit mawar biasa hanya berkisar dua ratus hingga tiga ratus yen, harga bibit mawar biru Suntory bisa mencapai tiga ribu yen.


Leave a Reply