Pupuk Kandang Kotoran Ayam Untuk Mawar


Tak dapat dipungkiri bahwa tanaman itu sama halnya dengan manusia membutuhkan nutrisi agar pertumbuhannya selalu sehat dan tumbuh dengan baik. Salah satu nutrisi alami yang diperlukan oleh tanaman terlebih khususnya untuk tanaman bunga mawar adalah dengan selalu rutin memberikan pupuk kandang disamping pemberian pupuk kimia semisal pupuk NPK. Banyak sekali pupuk kandang yang dapat diaplikasikan dan salah satu yang terbaik untuk bunga mawar adalah pupuk kandang jenis kotoran ayam.

Fungsi Pupuk Kandang Kotoran Ayam

Pupuk kandang kotoran ayam khususnya untuk tanaman mawar bermanfaat untuk membuat daun mawar kokoh dan tidak mudah rontok. Jika daun sehat, lebat dan tidak mudah rontok, maka otomatis pertumbuhan bunga akan semakin baik dan menjadikannya rajin berbunga. Terlebih jika cuaca sedang dalam kondisi musim hujan, pupuk kandang jenis kotoran ayam sangat diperlukan sekali agar mawar tahan terhadap hujan.

Air hujan dapat membuat tanaman mawar rontok daun-daunnya yang otomatis dapat menghambat pertumbuhannya dan bahkan jika dibiarkan terus menerus tanpa ada penanganan, dapat mengakibatkan kematian baginya. Oleh karena itu, bila datang musim penghujan, pupuk kandang kotoran ayam bersifat wajib digunakan bagi tanaman mawar. Penggunaan pupuk ini ketika musim hujan akan membuat daun mawar kuat bertahan  walau pun terus diguyur hujan. Pun begitu apabila digunakan pada musim kemarau, pupuk ini tetap baik untuk digunakan.

Secara umum, terdapat dua jenis pupuk kandang ayam. Ada jenis kering yang sudah dicampur dengan sekam dan juga jenis basah yang belum dicampur dengan sekam. Gunakanlah pupuk kandang ayam jenis kering yang sudah dicampur dengan sekam dimana perbandingan sekam lebih banyak ketimbang kotorannya. Hal ini dikarenakan pupuk kandang kotoran ayam bersifat panas, sehingga bila diaplikasikan pada tanaman mawar jika terlalu banyak atau menggunakan yang jenis basah (kotoran ayam masih segar) bukan menjadi baik, namun tanaman mawar akan mendapatkan nutrisi yang over dosis dan mengakibatkan kegosongan pada tanaman mawar itu sendiri.

Pupuk kandang kotoran ayam kering

Pupuk kandang kotoran ayam kering

Cara Penggunaan

Cara pengaplikasian pupuk kandang ini sangatlah mudah, Anda hanya tinggal menambahkannya pada atas permukaan media tanam bunga mawar secara merata kemudian siramlah setelahnya dengan air yang cukup banyak. Lakukan pemupukkan dengan kotoran ayam ini minimal dua bulan sekali jika itu sedang dalam kondisi musim panas dan berikan setiap satu bulan sekali jika cuaca sedang dalam musim penghujan. Agar lebih memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan pupuk kandang kotoran ayam ini, silahkan saksikan melalui video berikut.


Leave a Reply