Bolehkah Hewan Qurban Dihiasi Bunga Mawar?

0

Idul Adha merupakan salah satu hari raya Islam. Hari ini jatuh persis 70 hari setelah hari raya Idul Fitri yakni pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah tahun Hijriyah. Pada hari Idul Adha diperingati peristiwa qurban, dimana sejarah qurban dimulai pada zaman Nabi Ibrahim Alaihi Salam yang diperintahkan oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala untuk mengorbankan putranya (Nabi Ismail Alaihi Salam) untuk disembelih. Namun ketika akan disembelih, Nabi Ismail Alaihi Salam ternyata diganti dengan domba oleh-Nya.

Hewan qurban adalah binatang ternak seperti unta, sapi, domba atau pun kambing. Di Indonesia karena unta tidak lazim di ternak, kebanyakan hewan yang diqurbankan adalah sapi, domba dan kambing. Sebentar lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha atau biasa disebut juga dengan Idul Qurban atau Lebaran Haji. Bagi yang mampu disunahkan untuk melakukan qurban. Namun, yang akan dibahas disini adalah bolehkah hewan qurban dihiasi bunga mawar atau pun bunga-bunga lainnya seperti mengalungkan bunga-bunga tersebut pada hewan qurban?

hewan-qurban-dihiasi-bunga
Ilustrasi

Pada sumber yang diambil dari blog baitulkahfitangerang, bahwa menghiasi hewan qurban dengan mawar atau pun bunga lainnya adalah merupakan suatu kesalahan. Disebutkan bahwa hal ini tidak bersumber dari Nabi Muhammad Shollallohu ‘alay-hi wa sallam dan para sahabatnya. Contoh mengenai pengalungan yang ada hanyalah bahwa mereka mengalungi hewan qurban dalam pelaksanaan haji untuk menandakan saja bahwa hewan itu adalah untuk qurban sehingga diharapkan tidak ada yang mengganggunya.

Disebutkan juga bahwa perbuatan ini menyerupai perbuatan orang-orang selain Arab yang pada umumnya bertentangan dengan Islam dalam hari raya mereka, dimana mereka menghiasi hewan yang akan disembelih ketika akan disembelih.

Imam Abu Dawud meriwayatkan dan dihasankan oleh Imam al-Albani, dari ‘Abdullah bin ‘Umar ro-dhiyallohu ‘anhuma bahwa Rosululloh Shollallohu ‘alay-hi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”. (6) (7).

(6) Hasan. Hadits Riwayat Imam Abu Dawud nomor 4031, dan dihasankan oleh Imam al-Albani dalam kitab al-Irwaa’ nomor 1269.

(7) Lihat kitab Mu’jamul Bida’ 54.

Bila Anda berniat untuk melakukan qurban dan ingin menghiasi hewan qurban dengan bunga mawar atau pun bunga lainnya. Mungkin Anda harus mengkajinya kembali setelah membaca artikel ini yakni dengan berdiskusi lagi kepada yang lebih mengerti seperti ustad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here