Mawar Botak Masih Bisa Diselamatkan


Adalah hal yang sangat menyedihkan apabila tanaman mawar kita mengalami kebotakan atau daunnya gundul hingga tidak tersisa satu pun, karena hal itu menandakan mawar kita sedang tidak sehat dan hal yang mengerikan bisa mengakibatkan kematian bila tidak ditangani secara cepat. Namun, Anda tidak perlu khawatir dulu apabila batang mawar masih berwarna hijau karena itu tandanya mawar kita masih bisa diselamatkan. Akan tetapi, jika batang mawar sudah berwarna coklat dan kehitaman, itu artinya mawar Anda sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Jadi mawar botak masih bisa diselamatkan apabila batangnya masih berwarna hijau seperti berikut:

Mawar botak, batang masih hijau

Mawar botak, batang masih hijau

Untuk menyelamatkan mawar Anda yang sedang botak, Anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang menyebabkan kebotakan pada mawar sehingga Anda tahu hal apa yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan beda faktor, beda juga cara penanganannya. Pada umumnya, mawar bisa mengalami kebotakan dikarenakan sering diguyur hujan, terserang hama, kekurangan air dan stres akibat perpindahan tanaman.

Guyuran Hujan

Apabila tanaman mawar Anda botak dikarenakan guyuran hujan yang terus menerus, Anda dapat mengatasinya dengan cara yang telah kami tulis sebelumnya: Tips Agar Mawar Tahan Terhadap Hujan.

Serangan Hama

Apabila tanaman mawar Anda botak dikarenakan serangan hama, maka Anda harus mengatasinya dengan cara yang telah kami tulis sebelumnya: Tips Antisipasi Hama Pada Bunga Mawar Dalam Pot.

Kekurangan Air

Mawar merupakan tanaman yang manja, dia tidak boleh sampai diabaikan (baca: tidak dirawat dengan intensif). Hal yang paling krusial yang banyak diabaikan orang-orang adalah tidak melakukan penyiraman secara rutin dan konsisten. Padahal, air merupakan sumber alami terpenting bagi tanaman mawar disamping sumber alami lainnya yakni penyinaran matahari penuh.

Kebotakan akibat kekurangan air paling mudah diatasi, yakni Anda hanya harus menyimpan tanaman mawar Anda di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari penuh dan rutin kembali disiram. Penyiraman yang baik adalah yang dilakukan setiap hari dan dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore dengan teknik banyak dan sedikit. Maksud dari teknik banyak dan sedikit adalah bila pagi hari Anda menyiram mawar dengan air yang banyak, maka pada sore hari Anda hanya perlu menyiram lagi sedikit dan kebalikannya, jika pagi hari sedikit, maka sore harinya harus banyak.

Untuk mempercepat kembali pertumbuhan daunnya, Anda dapat juga rutin menyemprotkan Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) setiap sepuluh hari sekali atau dengan pemupukkan NPK yang tipsnya dapat dibaca pada Tips Memberikan Pupuk Bunga Mawar Dalam Pot.

Stres Akibat Perpindahan

Bila tanaman mawar dilakukan pemindahan dimana tidak dengan media tanamnya, mawar terkadang mengalami stres sehingga daun-daunnya berguguran. Hal ini dikarenakan dia sedang mencoba beradaptasi pada daerah tanam yang baru. Cara penanganannya hampir sama dengan cara penanganan akibat kekurangan air namun terdapat sedikit perbedaan yakni Anda harus menyimpannya terlebih dahulu di tempat teduh selama kurang lebih satu minggu. Penyiraman dilakukan sebanyak minimal dua kali dalam sehari dengan teknik banyak dan banyak. Jangan memberikan pupuk, pestisida atau vitamin lainnya dalam waktu tiga minggu pertama setelah perpindahan.

Biasanya pada hari ketiga, tunas atau cikal bakal daun baru akan mulai terlihat, dan pada hari ke enam atau tujuh daun sudah mulai terlihat lebih jelas. Pada tahapan ini (hari ke tujuh), Anda harus memindahkan tanaman mawar Anda ke tempatĀ  terbuka yang terkena sinar matahari penuh dengan cara perawatan sama dengan cara penanganan bila mawar kekurangan air. Tetapi, kami ingatkan kembali, mawar perpindahan hanya boleh diberikan pupuk atau vitamin setelah berumur minimal tiga minggu pada daerah baru. Hal ini dikarenakan biasanya akar sudah mulai kuat dan beradaptasi dengan baik pada tempat baru di usia tiga minggu setelah perpindahan.

Hari ke-3

Hari ke-3

 

Hari ke-6

Hari ke-6

 

Hari ke-10

Hari ke-10

Bila terdapat batang yang mulai berwarna kecoklatan, Anda harus cepat memotongnya agar tidak semakin menyebar. Teknik lain yang bisa digunakan adalah dengan melakukan cara penyungkupan. Baca tipsnya pada Teknik Sungkup Bunga Mawar.


Leave a Reply