Tips Cara Bending Bunga Mawar

Apa itu teknik bending bunga mawar? “Bending” berasal dari bahasa Inggris yang artinya pembengkokan dalam bahasa Indonesia. Sehingga teknik bending bunga mawar dapat diartikan sebagai teknik membengkokan batang bunga mawar. Lalu, apa fungsi dan manfaat teknik bending ini untuk bunga mawar?

Bila Anda menginginkan bunga mawar yang Anda tanam dapat menghasilkan bunga yang relatif besar dengan memiliki batang yang panjang dan relatif tegak lurus, maka Anda harus melakukan teknik bending kepada tanaman mawar Anda. Berikut tips langkah-langkah cara melakukan bending mawar pada media polibag atau pot.

Cari batang mawar yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Batang yang terlalu tua ketika dibending akan mengalami patah, sedangkan batang yang terlalu muda, belum cukup umur untuk dilakukan teknik bending. Lihat gambar berikut:

Batang mawar tua

Pada gambar tersebut merupakan contoh batang yang sudah tua, walau pun batangnya kecil tetapi sudah kehitaman dan bila dipencet dengan tangan relatif keras, maka tidak bisa dibending karena nantinya bisa patah. Lihat gambar berikut:

Batang mawar agak tua

Pada gambar tersebut walaupun batang lebih besar dan belum berwarna kehitaman namun batangnya sudah terlalu keras untuk dibending. Lalu bagaimana cara mudah untuk bisa menentukan batang mana yang cocok untuk dibending?

Batang yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua adalah batang mawar yang sedang menghasilkan kuncup bunga seperti berikut:

Batang mawar cocok dibending

Setelah itu Anda tinggal bending batang tersebut dimana sangat mudah sekali untuk dilakukan. Bending (bengkokan) batang pada pangkal batang sekitar 5-10 cm sebagai jarak bengkokan seperti berikut:

Teknik bending mawar

Setelah itu ikat batang yang telah dibending menggunakan tali rafia atau tali lainnya agar posisi bending-an tetap tidak berubah seperti berikut:

Bending mawar selesai

Nantinya diharapkan ada batang mawar yang dapat tumbuh tegak lurus, panjang dan menghasilkan bunga besar pada pangkal batang ini:

Tunas baru diharapkan tumbuh dari sini

Namun yang harus Anda ingat, teknik bending tidak semerta-merta dapat menjadikan batang mawar tinggi besar. Faktor lain yang tidak boleh dilupakan adalah faktor pemberian nutrisi dan perawatan lainnya. Teknik bending pun perlu dilakukan berulang-ulang untuk menghasilkan batang yang ideal. Semua jenis bunga mawar dapat dilakukan teknik bending, namun idealnya teknik bending dilakukan pada jenis bunga mawar tunggal (bukan spray).

Untuk lebih memperjelas bagaimana cara bending ini dilakukan, silahkan saksikan juga video berikut:

Lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Silahkan baca Tahap Kedua Teknik Bending Mawar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here