Keunikan Mawar Batik Abra Belang

Seperti yang sudah banyak orang ketahui di Indonesia, yang dinamakan mawar batik adalah bunga mawar yang memiliki warna tidak biasa yakni memiliki corak pada umumnya dua warna namun terkadang lebih. Di Indonesia disebut dengan nama mawar batik karena memiliki warna seperti corak kain batik. Sehingga yang disebut dengan mawar batik hanya di Indonesia saja. Di luar negeri, bunga mawar ini termasuk ke dalam kelompok striped rose, kadang disebut yellow striped rose karena coraknya berwarna kekuningan dan kadang disebut tiger striped rose mungkin karena harimau memiliki warna bulu yang bercorak.

Di Indonesia sendiri umumnya hanya disebut sebagai mawar batik saja, namun ada juga yang menamakannya mawar batik kuning karena masih terdapat mawar batik lainnya. Sedangkan di tempat kami mawar batik ini disebut dengan nama abra belang. Mengapa di tempat kami disebut dengan nama mawar abra belang?

Mawar batik abra belang

Di tempat kami terdapat dua jenis mawar yang dinamakan dengan awalan abra, yakni abra belang dan juga abra hitam (mawar merah maroon yang warnanya mendekati warna hitam sehingga biasanya mawar ini disebut juga sebagai mawar hitam). Kembali kepada pertanyaan semula, mengapa dinamakan dengan mawar abra? Kata abra sendiri diambil dari kata “abrakadabra” (abracadabra) yakni ucapan mantra yang terkenal untuk melakukan sulap atau sihir.

Mengapa begitu? Apakah bunga mawar yang satu ini mengandung ilmu sihir? Tentu saja tidak, namun pertumbuhan mawar ini layaknya seperti terdapat kejadian sulap padanya. Bagaimana tidak! Mawar ini warnanya sering berubah-ubah. Ketika masih kuncup bunga mawar ini berwarna pink (merah muda) kekuningan, lalu ketika kuncupnya mulai membesar dan mau membuka warnanya berubah dari pink kekuningan menjadi merah gelap kekuningan, lantas setelah itu baru lah ketika bunganya mekar sempurna terlihat sangat indah dengan warna merah maroon berbalut corak kekuningan. Tak berhenti disitu, ketika bunga mawar ini sudah sampai pada tahapan mekar mendekati gugur, warna coraknya kadang berubah menjadi keputihan.

Oleh sebab itu, perubahan-perubahan yang terjadi pada bunga mawar ini layaknya seperti sebuah pertontonan sulap yang membuat kagum banyak orang. Maka tak heran jika di tempat kami mawar ini dinamakan dengan mawar abra belang. Akan tetapi, masih terdapat satu perubahan lagi dimana perubahan yang satu ini pasti membuat banyak orang kecewa. Apakah itu?

Ya, terkadang bunga mawar abra belang berubah menjadi bunga mawar abra hitam yakni tidak memiliki corak batik sama sekali, hanya menjadi bunga mawar merah tua (merah maroon). Hal ini yang bisa membuat banyak orang kecewa karena pada umumnya orang yang membeli mawar batik abra belang menyukai keindahan coraknya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Entahlah, kami tidak mengetahui pasti apa sebanya.

Namun, jika mawar abra belang sudah berubah menjadi abra hitam. Hanya Tuhan lah yang tahu kapan dia bisa berubah menjadi abra belang lagi atau dengan kata lain, hanya dengan seizin Tuhan Yang Maha Kuasa dia bisa menjadi abra belang lagi. Anda dapat melihat bukti perubahan mawar abra belang menjadi abra hitam dalam satu pohon dimana dalam satu batang masih berupa abra belang dan pada batang lainnya sudah menjadi abra hitam pada video di bawah ini.

Hal ini yang membuat stok mawar batik abra belang di tempat kami selalu kosong, karena peminatnya yang banyak, sehingga ketika mawar abra belang sudah siap dijual, biasanya tidak lama setelah itu cepat habis terjual. Faktor lainnya adalah faktor dimana mawar abra belang berubah menjadi abra hitam. Oleh karena itu, stok bunga mawar ini benar-benar terbatas. Namun anehnya mawar yang mulanya abra hitam dalam pengalaman kami membudidayakannya, tidak pernah berubah menjadi abra belang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here