Cara Menggemburkan Media Tanam Mawar

Mengapa media tanam mawar perlu digemburkan?

Sangat perlu, terlebih bagi Anda yang menanam mawar dalam pot. Hal ini dikarenakan media dalam pot jumlahnya terbatas sehingga media tanam perlu rutin digemburkan agar bunga mawar kita tetap subur dan sehat.

Setiap berapa lama kah media tanam mawar harus digemburkan?

Hal ini tergantung daripada jenis media yang kita pakai, bila media yang dipakai hanya sekam mentah saja biasanya sekitar 3 bulan sekali media harus digemburkan. Bila menggunakan media sekam bakar saja, biasanya sekitar 4 bulan sekali. Bila menggunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau kompos atau campuran sekam biasanya sekitar 5-6 bulan sekali.

Akan tetapi tidak harus selalu merta pada patokan di atas, pada dasarnya media tanam perlu digemburkan ketika bunga mawar terlihat mulai sulit tumbuh (kurang sehat) padahal bunga mawar sudah sering Anda kasih nutrisi (seperti pupuk, semprot pestisida, dll). Nah, pada saat itulah kemungkinan media mawar sudah ingin digemburkan.

Lalu, bagaimana cara menggemburkan media tanam mawar tersebut? Sebetulnya ada beberapa cara, namun saat ini kita akan berikan tips yang paling mudah dulu. Berikut tipsnya:

Menggemburkan media tanam mawar dengan sekam mentah

Menggemburkan media tanam mawar dengan sekam mentah merupakan cara yang paling sederhana, mudah dan juga efektif. Terlebih bila sebelumnya media tanam Anda hanya menggunakan sekam mentah, maka tanda media ingin digemburkan sangat terlihat dari warnanya yang sudah menghitam seperti berikut ini.

Untuk menggemburkannya sangatlah mudah, buanglah media tersebut sebanyak setengah pot seperti berikut ini.

Namun, Anda harus hati-hati dalam melakukannya, jangan sampai akar tanaman mawar Anda terubah posisinya (akarnya tergoyang-goyang) karena bisa mengakibatkan mawar Anda stres.

Setelah itu Anda tinggal menambahkan sekam mentah untuk memenuhi pot mawar tersebut. Harus sekam mentah (sekam baru) bukan sekam bekas karena sekam bekas sudah tidak memiliki nutrisi melainkan sudah banyak bakteri.

Selesai, Anda tinggal kembali menyimpannya di tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk menyiramnya setelah pergantian media tanamnya.

Untuk penggemburan yang lebih optimal, Anda bisa mencampurkan sekam mentah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos namun dengan perbandingan 5:1 (sekam 5 : pupuk 1).

Mudah sekali bukan? Namun, bila cara ini masih belum bisa membuat mawar Anda subur kembali. Masih ada cara menggemburkan media tanam mawar lainnya. Terus cek blog ini saja ya, nanti kami akan memberikan tipsnya.

Oh ya, silahkan ditonton juga video berikut untuk lebih memperjelas cara menggemburkan media tanam mawar dan jangan lupa untuk berlangganan (men-subscribe channel youtube kami). Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here