Tahap Kedua Teknik Bending Mawar

Apa itu teknik bending mawar? Bila Anda baru pertama kali berkunjung ke blog ini dan langsung menemukan artikel ini, silahkan baca postingan tahapan pertama teknik bending mawar disini: Tips Cara Bending Bunga Mawar.

Namun, bila Anda pernah membaca tahapan pertama, silahkan terus lanjutkan baca artikel ini.

Setelah tahapan pertama teknik bending dilakukan, Anda perlu melakukan beberapa tahapan lagi hingga Anda bisa mendapatkan bunga mawar dengan tangkai yang lurus, tinggi dan menghasilkan bunga yang besar.

Pertumbuhan Tunas Mawar

Rata-rata pertumbuhan tunas mawar yang baru setelah batang dibending (dibengkokkan) selama 14 hari yakni akan tumbuh sekitar 5 cm. Tunas yang akan kita maksimalkan agar menjadi batang yang dapat tumbuh lurus dan tinggi adalah tunas pada pangkal batang sebelum dibending seperti pada foto berikut:

Namun ternyata tunas mawar bermunculan juga disetiap ketiak daun pada batang setelah pembengkokkan. Lihatlah pada foto berikut dan perhatikan yang dilingkari warna merah:

Lalu Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Pertama-tama kita buang saja kuncup bunga yang dimana batang kuncupnya sudah menguning, potong dengan menggunakan gunting stek seperti ini (tidak perlu dipotong bila tidak menguning):

Lalu kita buang juga semua tunas yang muncul pada setiap ketiak daun menggunakan tangan seperti pada foto ini:

Mengapa Tunas-Tunas Tersebut Harus Dibuang?

Hal ini perlu dilakukan agar nutrisi yang diterima tunas mawar tidak saling berebutan, sehingga nutrisi yang diserap tanaman mawar tersebut fokus hanya pada satu tunas saja yang kita biarkan tumbuh pada pangkal batang sebelum bengkokkan. Sehingga peluang untuk mendapatkan batang mawar yang lurus, tinggi dan bunga bisa menjadi besar semakin tinggi.

Logikanya bila tunas-tunas yang tumbuh pada ketiak daun dibiarkan, maka nutrisi yang diserap akan dibagi rata. Contoh bila nutrisi yang diserap itu 100 persen lalu dibagikan untuk 5 tunas, maka masing-masing tunas akan mendapatkan nutrisi 20 persen. Sedangkan bila keempat tunas dibuang dan menyisakan satu tunas saja, maka nutrisi yang 100 persen tadi akan diserap semuanya oleh satu tunas.

Gimana, seru kan tanam bunga mawar itu? Banyak tantangan dan banyak teknik-teknik yang bisa Anda uji coba demi kelangsungan hidup si bunga mawar. Bila Anda memerlukan bibit mawar yang siap tanam, silahkan pesan bibit mawarnya kepada kami dengan cara menghubungi kontak yang tersedia pada blog ini.

Bila Anda masih kurang paham dengan tahap kedua teknik bending mawar ini, untuk lebih memperjelas, silahkan ditonton juga videonya berikut ini:

Oh iya, ada yang perlu dijadikan catatan, bahwa terkadang teknik bending bisa juga gagal karena berbagai faktor. Nah faktor apa saja itu? Tunggu lagi artikel berikutnya ya, nanti kita bahas lagi tips teknik bending mawar selanjutnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here