Akibat Mawar Kurang Sinar Matahari

Tanaman mawar adalah tanaman hias yang pertumbuhannya sangat memerlukan sinar matahari. Mawar akan tumbuh kurang baik apabila ditanam pada tempat yang kurang sinar matahari. Setidaknya mawar memerlukan sinar matahari minimal 6 jam per harinya.

Berdasarkan pengalaman yang kami terima dari sharing para pelanggan, khususnya mereka yang berada di lokasi dataran rendah dimana biasanya suhu udara lebih panas dibanding dengan mereka yang berada di dataran tinggi. Terkadang mereka ketakutan bila menanam mawarnya pada tempat yang terkena sinar matahari penuh (full sun).

Alasannya memang wajar sebenarnya, karena takut mawarnya layu atau gosong karena terlalu panas. Namun sebenarnya hal tersebut adalah keliru, karena mawar harus mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam setiap harinya walau pun itu di tempat yang memiliki suhu udara yang panas.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah saja, yang terpenting faktor penyiraman harus sangat diperhatikan. Jangan sampai penyiraman diabaikan, tanaman mawar harus setiap hari disiram terutama di daerah dengan suhu panas dan ketika musim kemarau tiba, maka intensitas penyiraman harus lebih ekstra diperhatikan.

Lalu bagaimana cara penyiraman bunga mawar yang baik dan benar itu? Silahkan baca postingan artikel sebelumnya disini: Cara Penyiraman Tanaman Mawar.

Lalu apa dampak yang biasanya terjadi bila mawar kekurangan sinar matahari?

Ada beberapa hal yang bisa terjadi apabila mawar kekurangan cahaya sinar matahari. Salah satunya adalah warna bunga. Ya, warna bunga mawar biasanya tidak akan keluar sepenuhnya (yang pada dasarnya memiliki warna terang yang mencolok menjadi berwarna pucat pasi).

Perhatikan warna asli dari mawar batik abra belang berikut ini:

Warnanya terang, indah dan mencolok. Namun, bila kekurangan sinar matahari maka warnanya menjadi pucat seperti ini:

Gambar tersebut merupakan kiriman pelanggan kami yang menanam mawarnya di tempat yang sangat sedikit terkena sinar matahari.

Dampak lainnya yang biasanya terjadi adalah terhadap batang pohon. Batang pohon biasanya menjadi kurang kokoh sehingga dia tidak bisa benar-benar berdiri dengan sangat tegak dan kuat.

Selain itu, bila kekurangan sinar matahari. Tanaman mawar biasanya rentan terhadap penyakit dimana dampak yang paling ditakuti adalah lama-kelamaan tanaman mawar bisa mati. Ya, akibat kekurangan sinar matahari yang paling menakutkan adalah kematian pada tanaman mawar itu sendiri karena dia tidak bisa melakukan fotosintesis dengan sempurna.

Jadi, bila saat ini tanaman mawar yang Anda tanam pada pot disimpan di tempat yang teduh, maka segera pindahkanlah ke tempat yang terkena sinar matahari penuh. Namun, jika Anda menanamnya langsung di tanah dan di tempat yang tidak terkena matahari, tanaman Anda tidak bisa dipindahkan lagi.

Hal tersebut dikarenakan apabila mawar ditanam langsung di tanah, apabila dibongkar lagi, biasanya dia tidak dapat hidup kembali. Sehingga bagi yang terlanjur menanamnya di tempat teduh, lebih baik Anda siap-siap untuk membeli lagi tanaman mawar yang baru. Atau berdoa agar mawar bisa selamat walaupun berada di tempat teduh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here