Mawar Holland

Apa Itu Mawar Holland?

Mawar holland adalah jenis mawar yang sifatnya tunggal dan memiliki kelopak yang besar dan tebal. Ketahanan bunga setelah dipanen cukup lama yakni berkisar rata-rata 1 minggu. Oleh sebab itu, mawar ini menjadi komoditi utama sebagai bunga potong (mawar potong).

Mawar ini terkenal dikembangkan di Belanda, oleh sebab itu namanya dikenal dengan sebutan mawar holland. Lalu, apakah mawar holland ini ada di Indonesia?

Tentu saja mawar ini sekarang sudah sangat banyak dikembangkan di Indonesia baik itu diperuntukkan sebagai budidaya mawar potongnya, maupun diperuntukkan sebagai tanaman hias yang dapat ditanam pada pot atau pekarangan rumah.

Apa Itu Mawar Semi Holland?

Namun seringkali kita mendengar dengan sebutan nama mawar semi holland. Lalu apa perbedaan antara mawar holland dan juga semi holland?

Sebenarnya mawar holland dan juga mawar semi holland merupakan varian mawar yang sama. Entah siapa orang pertama di Indonesia yang mendatangkan mawar ini dari Belanda untuk dibudidayakan di Indonesia.

Karena mawar Belanda ini sudah umum dibudidayakan di Indonesia, konon itu-lah yang menjadi mawar holland hasil budidaya di Indonesia memiliki nama mawar semi holland. Selain itu karena mawar yang ditanam langsung di Belanda dan di kita memiliki perbedaan.

Bila Anda sering membeli bunga potong di pasar bunga yang terlihat besar dan indah. Itu adalah mawar semi holland (mawar hasil budidaya petani Indonesia). Namun, bila Anda pergi ke Belanda langsung untuk melihat mawar holland. Maka mawar yang ada di Belanda akan jauh lebih besar lagi bunganya.

Mengapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?

Konon hal ini dikarenakan bibit mawar holland yang sudah berkembang banyak di Indonesia sudah bukan turunan pertamanya yang biasa dikenal dengan bibit F1, namun sudah menjadi F3. Ada lagi yang menyebutkan konon hal ini dikarenakan suhu udara di Belanda dan di negara kita berbeda.

Akan tetapi, sebutan mawar holland pada umumnya lebih dikenal di Indonesia sebagai mawar potong yang memiliki kelopak tebal dan besar (tidak ada perbedaan dengan mawar semi holland).

Sedangkan mawar yang didatangkan langsung dari Belanda, pada umumnya di Indonesia saat ini disebut dengan mawar import. Hal ini tentunya untuk lebih memperjelas perbedaan mawar holland yang langsung didatangkan dari Belanda dengan mawar holland hasil budidaya petani Indonesia khususnya dari Bandung.

Atas dasar itulah, mengapa saat ini kami sebut mawar yang asalnya dari Belanda itu kami namakan mawar semi holland karena hasil budidaya para petani Indonesia (baca: Bandung).

Nah, bila Anda ingin mendapatkan mawar semi holland baik itu bunga potongnya atau pun bibitnya untuk Anda tanam sendiri. Anda bisa memesannya kepada kami. Silahkan cek terlebih dahulu warna yang diinginkan disini: Mawar Holland.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here