Apa Itu Mawar Jepang?

Mawar jepang termasuk bunga pendatang baru khususnya di Indonesia dan langsung banyak diminati karena bunganya yang indah. Namun, apakah Anda tahu bahwa mawar jepang itu bukanlah spesies mawar?

Bunganya memang sangat mirip dengan bunga mawar, namun ternyata dia bukan berasal dari genus rosa (keluarga mawar) melainkan dari genus Eustoma. Ya, mawar jepang itu sebenarnya adalah bunga yang bernama Lisianthus.

Mengapa Di Indonesia Disebut Mawar Jepang?

Bunga Lisianthus ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan tepatnya dari Negara Meksiko. Pada 10 tahun terakhir ini masyarakat Jepang yang sebelumnya sangat menyukai bunga krisan selama 50 tahun berpindah haluan menjadi penyuka bunga Lisianthus. Bunga ini akhirnya sangat populer sekali di Jepang. Bunganya benar-benar mirip seperti bunga mawar, oleh karena itu bunga ini dikenal juga dengan nama mawar jepang.

Bunga ini memiliki warna merah, putih, ungu dan pink. Dapat dijadikan sebagai tanaman hias maupun sebagai bunga potong untuk merangkai. Berbeda dengan mawar yang identik dengan duri, bunga ini sama sekali tidak memiliki duri. Hanya saja tangkainya tidak kokoh seperti bunga mawar sehingga kadang agak sulit ditegakkan ketika disusun menjadi sebuah rangkaian bunga yang harus ditempel kedalam busa bunga.

Kelebihan lainnya dari bunga ini adalah daya tahannya setelah dipotong, jika bunga mawar potong biasanya bertahan sekitar 7 hari, Lisianthus dapat bertahan hingga 14 hari dalam vas bunga. Oleh karena itu pula-lah mungkin harganya cukup mahal yakni berkisar antara Rp 125.000 – Rp 150.000 untuk satu ikatnya (10 tangkai).

Habitat Mawar Jepang

Sama seperti halnya bunga mawar, bunga ini juga sangat menyenangi sinar matahari dan akan tumbuh subur secara maksimal bila ditanam di daerah sejuk. Lisianthus atau mawar Jepang menyukai tanah netral atau yang hanya memiliki kadar asam yang sedikit.

Bunga Lisianthus menyukai tanah yang gembur atau drainase yang baik dan tidak kering. Biasanya kupu-kupu dan lebah akan berdatangan jika bunga ini sedang mekar. Bunga ini dapat tumbuh dan berbunga sepanjang tahun di Indonesia karena negara kita tidak memiliki musim salju. Berbeda dengan negara-negara yang memiliki musim salju, bunga ini tidak akan tumbuh ketika datangnya musim salju.

Pada habitat aslinya yakni di Meksiko, bunga ini tumbuh di padang rumput sebagai bunga liar. Namun, sekarang bunga ini telah banyak dikembangkan para petani modern dan wajahnya menjadi lebih indah dibanding pada habitat aslinya.

Arti Mawar Jepang

Tidak berbeda dengan bunga mawar, ternyata makna yang dapat disampaikan oleh bunga ini memiliki makna yang sama. Penduduk asli Meksiko selalu mengungkapkan isi hatinya dengan bunga Lisianthus sehingga bunga ini memiliki lambang cinta, romantisme dan juga kesetiaan. Bahkan saat ini, arti yang dapat diungkapkan dari bunga ini lebih luas lagi mencakup rasa hormat, kagum, dan sebagai pujaan yang tulus bagi si penerimanya.

Maka tak salah bila bunga ini sangat cocok juga untuk dijadikan sebagai hadiah primadona untuk perayaan hari-hari besar khususnya yang berkaitan dengan romantisme seperti valentine.

Dengan ditulisnya artikel ini, semoga para pecinta bunga mawar tidak lagi salah mendefinisikan mawar Jepang yang ternyata aslinya bunga ini adalah bunga Lisianthus yang berasal dari genus Eustoma. Nama lain dari bunga ini adalah Texas Bluebell, Tulip Gentian, Prairie Gentian atau hanya Gentian saja.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here