Tips Agar Bunga Mawar Besar

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda menginginkan bunga mawar yang Anda tanam bisa besar? Banyak sekali faktornya, namun hal yang paling penting tentunya Anda harus menanam mawar dari jenis varian semi holland.

Faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan bunga mawar Anda kecil telah kami bahas pada postingan sebelumnya, bila belum baca silahkan cek artikel kami yang berjudul: Mengapa Bunga Mawar Saya Kecil?

Artikel ini pun dibuat sebagai lanjutan daripada postingan artikel sebelumnya tersebut. Salah satu faktor penting lainnya agar bunga mawar Anda (khususnya jenis semi holland) bisa besar adalah tidak membiarkan tumbuh bunga lebih dari satu pada setiap tangkainya seperti pada gambar berikut:

Mengapa Demikian?

Penjelasannya sederhana saja, karena pada dasarnya mawar semi holland karakternya adalah bunga tunggal. Jadi sedemikian mungkin kita harus buat bunganya tunggal juga (1 bunga untuk 1 tangkai).

Jadi apakah dalam 1 pohon harus dibiarkan memiliki 1 tangkai saja? Tentu tidak, dalam satu pohon dapat dibiarkan memiliki banyak tangkai, namun dari setiap tangkai tersebut biarkan hanya 1 bunga tumbuh dalam setiap tangkainya.

Tetapi tidak boleh juga terlalu banyak tangkainya jika ingin mendapatkan bunga-bunga yang besar. Anda dapat membiarkan maksimal hingga 5 tangkai untuk rekomendasi bunga besar.

Dalam setiap tangkainya terkadang tumbuh bunga lebih dari satu seperti pada gambar di atas. Nah, tugas kita adalah memotong calon bakal bunga lainnya agar hanya satu bunga yang tumbuh dalam satu tangkai.

Hal tersebut dikarenakan setiap bunga akan berebut nutrisi yang didapat dari tanaman mawar itu sendiri. Jadi jika dibiarkan tumbuh banyak bunga dalam satu tangkai, maka nutrisi yang didapat oleh tangkai tersebut akan dibagi-bagi. Berbeda jika hanya dibiarkan tumbuh satu bunga, maka otomatis nutrisi yang didapatkan oleh tangkai tersebut lebih banyak dan terfokus pada satu bunga tersebut.

Bagaimana Caranya?

Perhatikan gambar berikut:

Terlihat satu kuncup bunga yang sudah terlihat warna bunganya yang muncul langsung dari tangkai bawah. Namun, terdapat tunas calon kuncup baru yang muncul pada bagian ketiak sebelah kanan dan juga kirinya.

Nah, bagian tunas (calon bunga) yang muncul dari ketiak tersebut yang harus Anda potong.

Sehingga menjadi seperti berikut:

Yang harus diperhatikan adalah, Anda harus memotongnya ketika bunganya masih kuncup, dan potong sedini mungkin bila terlihat ada tunas yang muncul dari tangkai utama (dari ketiaknya). Karena hanya akan sia-sia bila dilakukan pemotongan ketika bunganya sudah mekar.

Dengan demikian, ada peluang bagi Anda untuk bisa mendapatkan bunga mawar yang besar.

Mengapa Kami Katakan “Ada Peluang”?

Ya, karena teknik pemotongan tersebut hanya merupakan salah satu faktor perawatan bunga mawar agar bisa besar. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, merawat bunga mawar itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun, tantangan inilah yang biasanya disukai para pecinta bunga mawar. Terlebih bila sudah bisa menaklukannya, maka kesannya itu sangat membahagiakan.

Seperti merawat anak sendiri saja, walaupun banyak tantangan, tetapi ketika berhasil mendidik dan membesarkannya dengan baik, maka perasaan senang yang luar biasa akan kita dapatkan.

Akan tetapi, bukan berarti setiap mawar harus Anda rawat seperti pada artikel ini. Jika Anda lebih menyukai mawar Anda tumbuh sebagaimana maunya, maka biarkanlah dia tumbuh secara alami. Namun, dasar-dasar perawatan harus Anda terapkan. Perawatan wajib yang harus Anda lakukan terhadap tanaman mawar Anda dapat dibaca pada postingan sebelumnya disini.

Untuk pemesanan bibit mawar, silahkan hubungi kontak yang tersedia pada situs ini dibagian bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here