6 Tips Jitu Agar Paket Cepat Sampai Di Bulan Puasa

Halo sahabat bunga mawar, khususnya di bulan puasa (ramadhan) ini, kami akan memposting artikel-artikel yang berkaitan dengan bulan puasa ya. Oh iya, sebelumnya kami segenap tim bunga-mawar.com mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Oke, pada postingan pertama di bulan puasa ini, kami akan memberikan tips bagaimana caranya agar paket bunga mawar cepat sampai khusunya di bulan puasa ini.

Seperti yang sudah umum kita ketahui, di bulan ramadhan aktifitas orang Indonesia dalam hal berbelanja suka mengalami peningkatan. Baik itu dalam segi belanja offline maupun online terutama pakaian dan makanan.

Karena meningkatnya aktifitas belanja online di bulan puasa, otomatis perusahaan-perusahaan ekspedisi kurir mengalami peningkatan kerja (load barang / paket semakin banyak). Hal ini biasanya dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman barang. Bahkan ekspedisi sebesar JNE yang memiliki servis YES (Yakin Esok Sampai), pada bulan ramadhan kadang servis ini tidak berlaku.

Dikarenakan paket bunga lebih cepat sampai lebih baik, maka bagi Anda yang ingin berbelanja online bunga potong atau tanaman bibitnya, harus memperhatikan faktor-faktor yang bisa menjadikan paket lambat sampai. Ya, sebenarnya tips ini tidak khusus ditujukan bagi Anda yang ingin berbelanja online bunga, tetapi belanja apapun bila ingin paketnya cepat sampai di bulan suci ini, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini

1. Gunakan Servis Tercepat

Setiap perusahaan kurir memiliki servis pengiriman masing-masing. Tentunya hal yang paling pertama agar paket Anda cepat sampai adalah dengan menggunakan servis 1 malam sampai. Seperti JNE YES (Yakin Esok Sampai), Tiki ONS (One Night Service), Pos Kilat dan lain sebagainya.

Namun, tentunya tidak semua alamat bisa dikirim menggunakan servis 1 malam tersebut khususnya bagi Anda yang memiliki rumah bukan di kota utamanya. Setiap perusahaan ekspedisi memiliki estimasi sampai yang berbeda-beda untuk setiap tujuannya. Bila alamat Anda tidak bisa dijangkau dengan servis 1 malam sampai oleh perusahaan kurir manapun. Maka Anda harus mencari perusahaan yang memiliki estimasi sampai tercepat ke alamat Anda.

Misal, estimasi sampai JNE ke alamat Anda adalah 3 hari sedangkan Tiki estimasinya 2 hari, maka gunakanlah Tiki. Begitu pun sebaliknya, bila pakai Tiki ternyata 3 hari dan JNE 2 hari, maka gunakanlah JNE. Cek setiap perusahaan ekspedisi satu persatu saja mana yang memiliki estimasi tercepat ke alamat Anda.

Ceknya menggunakan nama kecamatannya ya.

Tetapi Anda harus tahu juga penjual Anda menerima jasa ekspedisi apa saja, karena tidak semua penjual online menggunakan semua perusahaan kurir yang ada.

2. Cantumkan Alamat Selengkap-lengkapnya

Pernah kami mengobrol dengan beberapa kurir dari beberapa perusahaan yang berbeda, kendala yang selalu mereka alami kenapa kadang ada paket yang telat sampai adalah alamat pengiriman yang tidak lengkap. Mereka mengatakan: “begitu banyaknya paket yang harus kami antar tiap harinya, sebelum mengantarkan paket, kami harus menyusun sesuai alamat terdekat sampai terjauh dari gudang penerimaan barang untuk memudahkan pengiriman.”

“Hanya saja terkadang banyak paket yang alamat pengirimannya tidak lengkap, dan karena paket yang harus diantar selalu banyak, maka kadang kami menyisihkan dulu paket yang tidak lengkap alamatnya. Bila hari itu kami masih memiliki waktu (biasanya sampai malam), tetapi bila sudah tidak ada waktu (terlalu malam, kadang hingga jam 11 malam), maka paket yang alamatnya tidak lengkap tersebut kami rencanakan lagi untuk pengiriman besok harinya dengan harapan waktu untuk hari besok masih banyak.”

Begitulah kesimpulan yang kami dapat setelah mengobrol dengan beberapa kurirnya langsung. Walaupun terdapat nomor hp si penerima, kalau paket kiriman pada hari tersebut terlalu banyak, para kurir kadang “malas” untuk menanyakan alamat yang lebih lengkapnya lagi karena biasanya mereka tertekan dengan banyaknya paket yang harus diantar. Bila terkena komplain, mereka dapat memberikan alasan yang cukup logis yakni karena alamat yang tertera memang tidak lengkap.

Oleh karena itu, Anda harus mencantumkan alamat selengkap-lengkapnya. Jangan hanya memberikan alamat RT dan RW-nya saja. Cantumkan juga nomor rumah, bila tidak ada nomor rumah, berikan patokan untuk memudahkan kurir mengenali lokasi Anda misal rumah Anda dekat dengan pom bensin atau patokan lainnya yang mudah cepat dikenali. Tetap cantumkan juga nomor kontak hp yang mudah dihubungi (selalu aktif).

3. Hindari Hari Minggu

Kebanyakan kurir ekspedisi libur kerja pada hari minggu walaupun beberapa tidak ada yang libur seperti perusahaan ekspedisi J&T. Nah, bagi Anda yang menggunakan perusahaan JNE atau Tiki misalnya, hindari pengiriman yang berdekatan dengan hari minggu karena biasanya mereka libur kerja pada hari minggu.

Misal Anda menggunakan servis 1 malam tapi pengiriman pada hari sabtu, maka biasanya paket akan sampai pada hari senin karena hari minggu libur beroperasi (sehingga menjadi 2 malam sampai). Oleh karenanya hindari permintaan pengiriman pada hari sabtu. Sebaiknya pindahkan pengiriman pada hari senin hingga jumat untuk servis 1 malam.

Bila tidak ada servis 1 malam sampai, misal 3 hari sampai maka mintalah pengiriman maksimal pada hari kamis sehingga estimasi sampai pada hari sabtu. Bila estimasi sampai 3 hari, namun pengiriman hari jumat, maka kemungkinan paket menjadi 4 hari sampai (selasa) karena hari minggunya mengendap 1 hari.

Dan begitu seterusnya, hindari pengiriman yang dapat menemui hari minggu terkecuali Anda menggunakan jasa ekspedisi yang tidak ada liburnya sama sekali.

4. Paket Ambil Sendiri di Kantor Ekspedisi

Paket kiriman sebenarnya dari satu kota ke kota lainnya cepat sampai, yang menjadikan paket telat sampai biasanya dari pihak kurir (ujung tombak) yang mengantarkan ke alamat tujuan. Oleh karena itu, bila rumah Anda dekat dengan salah satu kantor jasa ekspedisi. Anda bisa meminta penjual online mengirimkan paket ke alamat kantor ekspedisi.

Minta saja untuk dicantumkan dalam paket “Ambil sendiri di kantor ekspedisi …..” Biasanya pada hari-hari biasa (diluar ramadhan) paket bisa sampai 2-3 hari kepada daerah yang estimasi sampainya 1 minggu bila ambil sendiri di kantornya. Paket bisa sampai 2 hari kepada daerah yang estimasi sampainya 5 hari, bisa 1 hari sampai kepada daerah yang estimasi sampainya 3 hari. Dengan catatan ambil sendiri di kantornya.

Namun di bulan puasa ini, tentunya walaupun diambil sendiri, masih bisa mengalami keterlambatan, namun biasanya tidak lama (rata-rata lambat 1 hari dibanding hari-hari biasa).

5. Pemesanan Terakhir di Bulan Puasa Adalah H-5

Semakin mendekati hari Lebaran (Idul Fitri), load barang yang masuk ke tiap jasa ekspedisi semakin meningkat drastis. Sehingga sudah menjadi hal yang biasa paket telat sampai bila sudah dekat hari H Lebaran. Hal ini dikarenakan selain meningkatnya aktifitas belanja online, juga dikarenakan banyaknya orang yang mudik.

Karena di Indonesia belum ada perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki pesawat sendiri dan karena setiap maskapai penerbangan mengutamakan barang bawaan penumpang, dimana barang bawaan penumpang selalu meningkat drastis menjelang Lebaran (mudik). Otomatis kuota cargo pesawat untuk pihak ekspedisi menurun, sedangkan kuantitas barang cargo setiap ekspedisi meningkat.

Oleh karenanya pasti banyak paket yang tertunda keberangkatannya khususnya bagi pengiriman paket ke luar pulau dimana harus menggunakan pesawat terbang. Maka bagi Anda yang ingin menghias rumahnya atau pun halaman rumahnya dengan bunga, disarankan pemesanan terakhir adalah pada H-5 pada servis ekspedisi 1-2 hari sampai. Karena bila paket gagal melewati hari Lebaran, maka dipastikan paket Anda akan mengendap di gudang bisa 1-2 minggu karena terpotong cuti lebaran.

6. Gunakan Pengiriman Melalui Cargo Pesawat

Berbeda dengan jasa ekspedisi kurir, jasa cargo pesawat lebih cepat sampai karena sistem mereka adalah port to port (dari bandara ke bandara). Ya, barang biasanya 1 hari sampai hanya saja Anda harus mengambil sendiri di Bandara yang ada di kota Anda. Juga pengiriman melalui cargo cocok digunakan bagi Anda yang memesan paket dengan kuantitas yang lumayan besar (minimal 10 kg). Karena biayanya dihitung minimal per 10 kg.

Namun, pada bulan puasa jasa cargo pun yang biasanya bisa 1 hari sampai, bisa menjadi 2 hari sampai. Ya, seperti yang telah kami sebutkan di atas, hal ini dikarenakan kuota cargo selain penumpang menurun akibat meningkatnya aktifitas penerbangan khususnya masyarakat yang biasanya mudik ke kampung halamannya.

Untuk penggunaan cargo di bulan puasa, disarankan H-3 lebaran adalah waktu terakhir untuk melakukan pemesanan.

Itulah 6 tips jitu agar paket Anda cepat sampai di bulan puasa ini. Tips ini tidak hanya berlaku bagi pengiriman bunga mawar saja, namun bagi semua paket yang Anda pesan di bulan ramadhan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here