Jual Tanaman Putri Salju (Silver Dust)

Tanaman putri salju di tempat kami (Bandung) dikenal juga dengan nama lokal yakni sirikit, sedangkan bahasa ilmiahnya putri salju disebut dengan nama senecio cineraria. Disetiap daerah mungkin memiliki nama lain lagi. Dalam bahasa Inggris, putri salju memiliki nama yakni silver dust atau dusty miller. Putri salju merupakan tanaman dimana daya tarik utamanya menggambarkan seperti salju, daunnya berwarna abu-abu keperakan dan berbulu halus seperti kain wol dengan pertumbuhannya yang pendek untuk putri salju yang jenis daun lebar, sedangkan yang memiliki daun kecil dia bisa tumbuh tinggi.

Pada habitat aslinya tanaman hias ini tumbuh di daerah dingin atau daerah panas yang basah. Akan tetapi tinggi rata-rata putri salju atau silver dust ini biasanya hanya berkisar hingga 60 cm dengan sebaran lebar rata-rata adalah setengah dari tingginya (30 cm).

Putri Salju (Senecio cineraria) merupakan keluarga dari Asteraceae (tumbuhan berbunga), pada jenis putri salju berdaun kecil, dia bisa berbunga. Di negara yang memiliki empat musim, apabila tanaman ini bertahan hidup dari ganasnya musim dingin (musim salju), tanaman ini dapat menghasilkan bunga kecil berwarna kuning. Beruntung kita tinggal di negara yang hanya memiliki dua musim (hujan dan panas), putri salju berdaun kecil tidak sulit untuk berbunga. Namun, kami belum pernah melihat putri salju berdaun lebar berbunga.

Mediterania Barat dan Tengah adalah habitat asalnya, dimana ia tumbuh di tempat yang kering. Beruntung kita tinggal di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim sehingga tanaman ini dapat terus hidup sepanjang tahun. Sebab, di daerah asalnya tanaman ini kebanyakan gugur jika sudah bertemu dengan musim dingin.

Putri Salju (Senecio cineraria) akan tumbuh baik pada lahan atau media yang memiliki drainase baik, bahkan toleran jika ditanam di tanah berpasir jika dilakukan penyiraman dengan teratur. Mentoleransi kekeringan jika sudah tumbuh pada media yang Anda gunakan, tetapi tetap harus disiram terlebih ketika mengalami periode kering berkepanjangan. Penanaman baru memerlukan penyiraman setiap hari terutama jika ditanam pada tanah berpasir hingga akarnya berkembang dengan baik.

Untuk media tanam yang cocok di Indonesia terlebih bila Anda menanamnya dalam pot, tanaman ini lebih bagus ketika diberikan media tanam sekam bakar (media kulit padi atau gabah yang telah dibakar menjadi berwarna hitam).

Putri salju akan sangat cocok apabila ditanam sebagai tanaman perbatasan atau dijajarkan pada media pot sebagai pembatas tanaman lainnya dikarenakan warnanya yang sangat kontras yakni abu-abu keperakan. Tanaman ini cocok juga disimpan pada pot untuk diletakkan di dalam ruangan seperti dekat jendela kaca. Walaupun pada dasarnya putri salju menyukai sinar matahari, namun dia toleran terhadap tempat teduh juga.

Putri Salju (Silver Dust) memiliki dua jenis yang perbedaannya dapat dilihat melalui daunnya, yakni terdapat sirikit salju daun kecil lihat gambar di bawah.

Putri salju daun kecil

Dan juga sirikit salju daun besar yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Putri salju daun lebar

Pada keadaan dimana putri salju menumbuhkan bunga (yang daun kecil), petiklah bunga tersebut untuk membuat daunnya menjadi lebih lebat. Tanaman ini benar-benar mudah untuk ditumbuhkan karena hama pun biasanya tidak menyukai tanaman ini. Selain mudah ditumbuhkan, putri salju akan menjadi hiasan yang sangat menarik terlebih apabila pada waktu malam hari dimana daunnya terkena cahaya lampu sehingga menimbulkan warna yang cerah pada taman Anda.

Diketahui juga bahwa jus dari daun dan bunga putri salju pernah dibuat sebagai tetes mata untuk mengobati penyakit katarak. Akan tetapi, hal ini tidak direkomendasikan karena tanaman ini memiliki alkaloid beracun sehingga tidak boleh dimakan termasuk aplikasi kepada mata.

Hal unik lainnya dari putri salju adalah ketika daunnya tersiram air, maka bulu-bulu halusnya akan terlihat seperti menghilang dan daun berubah menjadi warna hijau. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ketika daunnya sudah kering, maka bulu-bulu halusnya yang berwarna keperakan akan kembali muncul. Jadi dalam hal penyiraman, tidak usah takut jika daunnya ikut tersiram.

Kami menjual bibit putri salju yang sudah tumbuh seperti pada gambar diatas dengan harga Rp. 25.000. Untuk pemesanan, silahkan hubungi kontak yang tersedia pada website ini. Temukan juga tanaman hias lainnya dengan mengikuti instagram kami di @bungamawar_com.

Lihat juga videonya dibawah ini dan jangan lupa berlangganan pada channel youtube kami. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here