Tes Ketahanan Bibit Mawar 10 Hari

Sebelumnya kami pernah melakukan tes ketahanan bibit mawar dimana tes ini dilakukan untuk menguji seberapa lama bibit mawar yang kami kemas dalam paket dapat bertahan. Pada tes pertama kami melakukan tes ketahanan selama satu minggu. Hasil dan bagaimana tes dilakukan bisa Anda lihat pada postingan sebelumnya: Tes Ketahanan Bibit Mawar.

Pada tes kali ini awalnya kami akan melakukan tes selama 7 hari seperti sebelumnya, namun karena beberapa faktor kami melupakan tes ini dan baru ingat setelah 10 hari. Ya, kami biarkan bibit mawar dalam paket selama 10 hari. Namun apa yang terjadi?

Tentu saja daunnya banyak yang rontok, namun batang mawar tetap berwarna hijau. Nah, biasanya bila batang masih hijau walaupun daunnya rontok, bibit mawar masih bisa diselamatkan. Ada juga bagian batang yang mulai berwarna kecoklatan sedikit, kita potong saja agar tidak merembet.

Pada awalnya kami melakukan tes ketahanan bibit mawar yang kedua ini bertujuan untuk mengetes media tanam yang berbeda dengan tes sebelumnya. Pada tes sebelumnya setelah paket dibiarkan selama 7 hari, kami menggunakan media tanam sekam mentah dan hasilnya bagus. Bibit mawar dapat hidup kembali. Anda bisa melihatnya disini: Proses Adaptasi Bibit Mawar Setelah 7 Hari Dalam Paket.

Pada tes kali ini dimana bibit mawar ternyata masih memiliki batang berwarna hijau, dimana artinya bibit mawar masih bisa diselamatkan bila penanganannya tepat. Kami mencoba untuk menanamnya menggunakan media tanam 100 persen dari cocopeat. Cocopeat adalah sabut kelapa yang sudah dihaluskan.

Sehingga tujuan daripada tes ini untuk memberikan referensi bagaimana seharusnya Anda memperlakukan bibit mawar yang dipaketkan secara online ketika sampai di tangan Anda, karena masih banyak kesalahan awal penanaman yang dilakukan para pecinta mawar dimana mereka mendapatkan bibit mawarnya secara online.

Apa kesalahan umum yang biasanya dilakukan para pecinta mawar yang membeli bibit mawarnya secara online? Silahkan baca artikel kami sebelumnya yang berjudul: Kesalahan Umum Menanam Mawar.

Kembali kepada pokok pembahasan artikel ini, pada kesimpulannya bibit mawar yang kami kemas masih bertahan selama 10 hari dalam paket dimana paket bibit dikemas tanpa media tanam. Silahkan baca juga bagaimana kami mengemas bibit mawar disini: Cara Pengemasan Bibit Mawar.

Lalu, apakah media tanam cocopeat bisa digunakan untuk bibit mawar? Terus cek website kami ya untuk mengetahui hasilnya, atau bisa juga follow kami melalui fan page facebook, instagram atau youtube yang linknya bisa Anda temukan dibagian bawah.

Tes ini benar-benar dilakukan tanpa rekayasa sedikitpun. Anda bisa menonton juga melalui video di bawah ini. Jangan lupa untuk berlangganan juga di channel youtube kami ya, terima kasih.

Update: Proses Adaptasi Bibit Mawar Menggunakan Cocopeat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here