Jual Bibit Bunga Kancing

Halo, selain bibit bunga mawar, kami juga menjual bibit bunga Kancing yang sudah siap tanam (bukan benih biji). Bunga Kancing sebenarnya memiliki banyak nama, nama Bunga Kancing sendiri berasal dari Bahasa Jawa, sedangkan dalam Bahasa Melayu disebut sebagai Bunga Kenop dan dalam Bahasa Sunda disebut sebagai Bunga Puter Biru, setiap daerah biasanya memiliki penamaan tersendiri.

Akan tetapi sebutan nama Bunga Kancing adalah nama yang lebih populer dikenal di Indonesia untuk bunga berwarna ungu yang bentuknya imut-imut ini. Sedangkan nama biologi atau nama keren dari bunga ini adalah Gomphrena Globos. Dalam bahasa Inggris disebut Globe Amaranth atau Bachelor Button.

Bunga berwarna ungu ini termasuk kedalam keluarga Amaranthaceae atau suku bayam-bayaman yakni termasuk kedalam anggota tumbuhan berbunga dan merupakan tanaman semak yang tumbuh berbunga sepanjang tahun. Bunga ini tergolong kedalam jenis tanaman kerdil karena tinggi maksimal tanaman ini berkisar di 50-75 cm dengan diameter sebaran sekitar 30 cm.

Batangnya tegak, kaku namun lunak (tidak keras seperti batang mawar), berbuku-buku, berwarna hijau serta berbulu halus. Daunnya tunggal tidak bergerombol serta berbentuk lonjong meruncing berwarna hijau dengan lebar sekitar 2-3 cm dan panjang sekitar 5-6 cm juga berbulu halus pada permukaannya. Bunganya tunggal mencolok namun kaku dan berbentuk agak bulat dengan struktur warna yang muncul adalah ungu (dominan), serta dihiasi sedikit pink dan putih. Bentuknya seperti kancing, mungkin itulah sebabnya di Indonesia bunga ini disebut dengan nama bunga kancing.

Bunga Kenop ini diketahui daerah asalnya adalah Panama dan Guatemala di Amerika Tengah, hebat sekali bunga ini bisa datang ke Indonesia, namun sejarah sampainya ke Indonesia kami sendiri tidak tahu bagaimana ceritanya. Tanaman ini sangat mudah sekali berbunga, selain itu perbanyakannya pun terbilang mudah. Bunga ini bisa tumbuh lagi dari biji-biji yang rontok dari bunganya.

Akan tetapi kelemahan daripada bunga ini adalah ketika dia sudah mekar bagus, maka bunganya kemudian rontok dan seiring berjalannya waktu, tanamannya pun ikut mati. Tetapi biasanya dia berbunga hingga 3 kali. Lalu, dari rontoknya bunga yang didalamnya terdapat biji-biji yang sangat kecil, bunga ini bisa tumbuh kembali. Oleh karena itu, bunga lucu berwarna ungu ini sangat cocok untuk dijadikan dekorasi sementara sebagai bunga pelengkap untuk memenuhi dekoran yang membutuhkan warna bunga ungu.

Bunga kancing sangat mudah sekali tumbuh terutama bila ditanam di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari dan di suhu udara panas (dataran rendah) dengan syarat dia rajin disiram setiap pagi dan sore bila sedang musim kemarau (musim panas).

Bunga kancing dapat ditanam langsung di tanah mau pun di dalam pot. Karena tingginya yang rendah (kerdil), bunga ini benar-benar cocok untuk dijadikan tanaman hias pelengkap pada pekarangan rumah Anda. Bila Anda memiliki tanaman tinggi di rumah Anda, bunga kenop ini sangat cocok disandingkan dipinggirannya atau dibuat melingkar pada tanaman tinggi Anda.

Bila Anda mendesain halaman rumah Anda dengan plumbak di depannya. Tanaman ini sangat cocok juga untuk ditanam dalam plumbak sebagai garis penghias halaman rumah. Tanah yang kering dan panas pun, tanaman ini masih bisa mentolerirnya. Bunga ini terkadang bisa juga menarik kupu-kupu untuk datang.

Bila Anda tertarik dengan bunga berwarna ungu lucu ini, silahkan pesan melalui kontak yang tersedia pada blog ini. Namun, bila kurang tertarik atau ingin memesan bunga lainnya juga, silahkan ikuti kami melalui instagram @bungamawar_com untuk melihat koleksi tanaman hias kami lainnya selain bunga mawar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here