Jual Tanaman Hias Iriancis (New Guinea Impatiens)

Tanaman hias ini berasal dari pulau Papua tepatnya dari negara tetangga kita paling timur yakni Papua Nugini (New Guinea). Oleh karena itu tanaman ini dinamakan New Guinea Impatiens. Sedangkan arti “Impatiens” jika diartikan langsung ke dalam bahasa Indonesia adalah “tidak sabar”. Entah apa maksudnya, mungkin tidak sabar untuk ditanam kali ya. hehe…

Sedangkan di Bandung sendiri tanaman hias ini disebut dengan nama Iriancis, ya mungkin karena asalnya yang dari Pulau Irian Jaya. Nama lainnya yang biasa kami sebut adalah Pacar Holland.

Tanaman ini akan terus berbunga sepanjang tahun bila dirawat dengan baik. Iriancis merupakan tanaman yang tidak tumbuh tinggi atau tanaman rendah. Menyukai matahari namun bila terkena matahari terus menerus bunganya tidak terlalu banyak mekar. Jadi lebih baik menanam bunga ini pada halaman yang mendapatkan matahari pagi untuk memaksimalkan mekar bunganya.

Tanaman berbunga ini lebih cocok ditanam pada pot karena bentuknya yang kecil dan juga pendek. Namun, bisa juga ditanam langsung di tanah untuk menutupi pekarangan rumah yang tanahnya kosong. Uniknya tanaman hias ini bisa juga di simpan di tempat yang teduh, hanya saja efeknya jadi jarang berbunga. Namun, bila Anda memutuskan untuk simpan di tempat teduh, setiap 2 kali dalam seminggu harus dijemur agar dia bisa berfotosintesis.

Iriancis Sebagai Tanaman Ruangan (Indoor)

Ketika membelinya dari penjual tanaman atau bunga seperti kami ini, gantilah pot dengan yang lebih besar satu sampai setengahnya, contoh jika asalnya ditanam pada pot berukuran diameter 20 cm, maka gantilah dengan pot yang berdiameter 30 atau 35 cm.

Tanam dengan meletakkan akar pada kedalaman tanah yang sama seperti pada pot aslinya. Untuk hasil yang lebih memuaskan, pakailah pot tanah yang berkualitas tinggi. Namun, untuk permulaan dapat ditanam di media sekam mentah, sekam bakar atau cocopeat. Jangan gunakan tanah yang memiliki kulit atau kayu chip. Siramlah ketika tanah mulai mengering, Iriancis menyukai tanah yang lembab secara konsisten, tidak bisa mentolelir tanah yang terlalu basah dan kering. Untuk tanam indoor siram seminggu sekali sudah cukup.

Iriancis Sebagai Tanaman Luar Ruangan (Outdoor)

Kendurkan tanah dalam pot dan tambahkan 30 sampai 50 persen kompos atau gambut pada tanah agar tercipta drainase yang memadai. Simpanlah di tempat yang menerima matahari pagi dan teduh pada sore hari, idealnya menerima teduh sore sekitar 4-6 jam. Berbeda dengan apabila ditanam indoor, tanam outdoor memerlukan penyiraman yang rutin setiap harinya. Hindari penyiraman dari atas tanaman dan kurangi siraman apabila kondisi media masih terlalu lembab atau dingin.

Itulah perbedaan Pacar Holland ketika ditanam indoor dan outdoor, perawatan selanjutnya adalah sama diantara keduanya, yakni sebagai berikut:

Selalu tambahkan pupuk yang larut dalam air setiap satu atau dua minggu sekali, yang harus diingat adalah apabila media tanam sedang kering, jangan langsung diberikan pupuk, tetapi basahi terlebih dahulu oleh air biasa untuk menghindari pembakaran pada akar. Petiklah setiap bunga yang sudah tua dan bersihkan selalu media dari serpihan-serpihan tanaman atau gulma jika ada.

Sebenarnya tidak dipetik juga tidak apa-apa karena bunga yang sudah terlalu tua akan jatuh dengan sendirinya, tetapi hal ini menjadi tidak rapi. Sebaliknya dengan memetik bunga yang sudah tua dapat membuat penampilan bunga dan medianya selalu rapi juga dapat mencegah infeksi jamur dan penyakit.

Anda bebas memotongnya sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan ketika Iriancis sudah tumbuh rimbun tak beraturan, tetapi disarankan setelah memotong, berikan air dan pupuk agar tanaman dapat cepat tumbuh pulih. Pada dasarnya tanaman ini apabila mengalami kelayuan, dia akan segera pulih setelah diberi air yang cukup, tetapi apabila terus-menerus dibiarkan layu walaupun akan kembali pulih ketika diberi air, hal ini dapat berakibat pada penurunan kualitas daun dan bunga.

Apabila Anda menyukai Iriancis (Pacar Holland) / New Guinea Impatiens untuk dijadikan penghias ruangan atau pekarangan rumah Anda, silahkan pesan disini melalui kontak yang tersedia pada situs. Selamat berkebun dan semoga tipsnya bermanfaat! Temukan juga tanaman hias lainnya dengan mengikuti Instagram kami di @bungamawar_com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here