Jual Tanaman Hias Kastuba

Tanaman Kastuba memiliki nama botanikal yakni Euphorbia Pulcherrima yang artinya “paling indah”. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut Poinsettia. Seperti artinya yang “paling indah”, tanaman Kastuba memang benar-benar indah dengan daun bagian atasnya berwarna merah cerah dan bagian bawahnya berwarna hijau tua. Sebagian orang mengeja nama tanaman ini Katusba, padahal yang benar adalah Kastuba dengan huruf “s” dibelakang huruf “t” dan bukan didepan huruf “u”.

Jika dibiarkan tumbuh di tanah, tanaman semak ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 4 m. Daunnya berbentuk oval yang sisinya bergigi dan ujungnya tajam, bunganya sangat kecil yang tumbuh ditengah-tengah daun paling atas dengan struktur warna kuning yang sebenarnya dia adalah cikal bakal daun barunya.

Kastuba merah

Tanaman hias ini berasal dari daerah subtropis (yang memiliki 4 musim) yakni Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah, entah bagaimana tanaman ini bisa sampai ke Indonesia yang beriklim tropis ini. Dinamakan Poinsettia karena yang pertama kali mengenalkan tanaman ini adalah Dr. Joel Robert Poinsett, yakni duta besar pertama Amerika Serikat untuk Meksiko pada tahun 1825.

Tanaman hias Kastuba merupakan tanaman favorit kedua setelah pohon Cemara untuk hiasan dihari Natal. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki warna yang menarik dan mempresentasikan warna Natal tradisional, selain itu terdapat cerita dimasa lampau yakni bahwa terdapat seorang anak miskin di Meksiko yang ingin memberi hadiah Natal bagi Kristus namun dia tidak sanggup membeli hadiah.

Anak itu kemudian mencabut tanaman di pinggir jalan sebagai hadiah dengan hati yang tulus untuk dibawa ke gereja, sesampainya di gereja tanaman yang ternyata Kastuba tersebut daun-daunnya berubah menjadi merah sehingga umat yang sedang mengikuti misa merasa telah menyaksikan keajaiban Natal. Oleh sebab itu pula di Spanyol, Kastuba disebut Flor De Pascua yang artinya bunga Paskah, Arbolito De Navidad yang artinya tanaman Natal atau Flor De Nochebuena yang artinya bunga malam Natal.

Tanaman Kastuba yang biasanya dibeli untuk hiasan Natal merupakan Kastuba yang ditanam pada pot kecil dan telah diseting agar tidak tumbuh tinggi (kerdil), umumnya hanya dibiarkan tumbuh hingga tingginya sekitar 30-60 cm dengan daun pilihan yang besar yakni panjangnya berkisar antara 7-16 cm.

Kastuba akan tumbuh baik di tempat yang terkena sinar matahari penuh, namun dia tidak senang apabila hari mulai panas. Apabila disimpan ditempat teduh, Kastuba akan menjadi kurus dan dedaunannya menjadi sedikit dan mengecil.

Di tempat kami, Kastuba dibudidayakan menggunakan rumah kaca, sehingga apabila Anda ingin menyimpannya di rumah Anda, paling cocok disimpan dihalaman yang memiliki kanopi. Jika pun tidak memiliki kanopi, Anda bisa menyimpannya di luar rumah yang terkena matahari langsung namun setiap hari mulai panas (siang hari) sebaiknya pindahkan ke tempat teduh dan kembalikan lagi ke tempat semula pada sore harinya. Atau simpan di tempat yang terkena matahari pagi saja.

Akan tetapi bila Anda ingin menyimpannya dalam ruangan, itu pun bisa hanya saja lebih baik setiap pagi di jemur sekitar 1 jam agar tanaman ini bisa mendapatkan sinar matahari untuk keperluan fotosintesisnya.

Untuk penyiraman pada pot, gunakan air secukupnya dan hanya berikan air ketika media dalam pot sudah kering, terlalu banyak air dapat mengakibatkan daunnya turun dan menjadi tidak bagus. Warna merah pada daun Kastuba seiring bertambahnya waktu akan berubah menjadi hijau.

Pada kondisi ini sebagian orang selalu membuang tanaman ini dikarenakan sudah tidak menarik lagi. Padahal jika bisa merawatnya, daun merah akan muncul kembali dengan cara memotong batang-batang daun yang sudah tua dan selalu memberikan pupuk minimal 2 minggu sekali semisal dengan pupuk NPK.

Tanaman Kastuba kami masukan kedalam kategori tanaman dekorasi karena merupakan rajanya dekorasi meja untuk hari liburan seperti Natal. Dapat juga disimpan untuk menyembunyikan dasar pohon Natal (cemara) yang disimpan di ruangan rumah Anda. Kastuba merupakan tanaman yang murah dan mudah dirawat. Selain berwarna merah, Kastuba juga memiliki daun yang berwarna kuning.

Kastuba Kuning

Tunggu apalagi, apabila Anda menginginkan suasana hari Natal menjadi lebih indah di rumah Anda atau pun untuk hari-hari biasa, dapatkan tanaman Kastuba warna merah atau pun kuning ini dengan cara memesannya melalui kontak yang tersedia di situs ini. Ikuti juga instagram kami untuk menemukan tanaman hias lainnya disini @bungamawar_com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here