Jual Tanaman Hias Kolget (Butter Daisy)

Kolget yang memiliki nama ilmiah Melampodium Divaricatum merupakan tumbuhan berbunga yang masih satu marga dengan keluarga bunga matahari, orang barat menyebutnya dengan nama Million Gold atau Butter Daisy. Tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang paling produktif menghasilkan bunga terutama pada musim panas. Bunganya berwarna kuning dengan mahkotanya agak oranye mirip dengan bunga matahari namun versi kecilnya yang keluar dari aksil daun (ketiak daun) dan muncul dari batang tunggal yang panjangnya sekitar 2-3 cm dari ketiak daun.

Daunnya berwarna hijau cerah bukan hijau tua dengan panjang sekitar 6-10 cm dan lebar sekitar 3-5 cm dan memiliki margin tidak teratur. Bunganya akan mekar dengan bagus jika tanaman ini disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dengan penyiraman yang rutin, namun mereka bukan tanaman hias yang manja (termasuk tanaman yang mudah ditumbuhkan).

Kolget atau sebagian besar keluarga Melampodium berasal dari daerah tropis seperti Karibia, Amerika Selatan, termasuk Amerika Tengah hingga Barat Daya Amerika Serikat, entah bagaimana tanaman ini dapat sampai ke Indonesia. Kolget merupakan tanaman kecil yang selalu bahagia dan murah hati karena terus menerus mengeluarkan bunganya yang mirip bunga matahari versi kecilnya.

Kolget menyukai tanah yang berdrainase baik walaupun ketika dia sudah ditumbuhkan, dia dapat mentolerir kekeringan dan panas. Ketika dia ditanam banyak pada tanah, tumbuhan berbunga ini tidak akan terlihat begitu bagus atau penting dalam suatu penataan taman karena daunnya yang menyerupai rerumputan pakan ternak.

Tetapi apabila dia ditanam pada sebuah pot, tanaman kerdil ini akan terlihat lebih rapi dan akan terlihat bagus apabila dikombinasikan penyimpanannya dengan tanaman pot lainnya. Kelebihan lainnya dari tanaman ini adalah Anda tidak perlu melakukan apapun untuk memperbanyaknya apabila dia ditanam di tanah, karena seiring bertambahnya waktu, tanaman ini akan memperbanyak dirinya sendiri dengan benihnya (biji kecil) yang jatuh ke tanah dengan penyerbukannya yang dibantu oleh serangga seperti kupu-kupu, lebah dan lainnya.

Namun, apabila Anda ingin menanamnya sebagai penutup tanah di pekarangan rumah Anda, baiknya Kolget ditanam dengan cara dikombinasikan dengan tanaman lainnya semisal bunga Kancing atau ditanam disekeliling tanaman keras atau pepohonan yang memiliki daun atau bunga berwarna merah agar tercipta suatu kombinasi yang rapi dan indah.

Bagi yang menyukai tanaman atau bunga berwarna kuning dan tidak sulit untuk dirawat, bunga kolget merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda tanam. Terlebih bila Anda masih sebagai pemula dalam hal tanam-menanam, tidak ada salahnya untuk mencoba merawat tanaman bunga matahari versi kecilnya ini.

Nah, apakah Anda tertarik dengan tanaman ini? Jika ya, silahkan untuk tidak ragu memesannya kepada kami melalui kontak yang tersedia pada situs ini atau temukan tanaman hias lainnya dengan mengikuti instagram kami disini: @bungamawar_com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here