Tes Sekam Bakar Untuk Media Adaptasi Bibit Mawar

Seperti yang pernah kami sampaikan sebelumnya, pembelian bibit mawar melalui online memerlukan proses adaptasi terlebih dahulu agar bibit mawar yang dibeli dari online bisa tumbuh atau hidup di tempat yang baru. Hal ini dikarenakan pengiriman paket bibit mawar polibag melalui jasa pengiriman dibuang medianya dan hanya disisakan sedikit untuk meminimalisir beban ongkos kirim serta untuk memudahkan pengirimannya.

Adalah hal yang krusial bila Anda menanaman bibit mawar dari pembelian online menggunakan media tanam yang salah karena bisa berakibat mawar Anda tidak dapat beradaptasi di tempat yang baru. Agar mawar bisa beradaptasi di tempat yang baru, dimana biasanya memiliki perbedaan suhu udara. Maka sebaiknya untuk penanaman awal, media tanam yang digunakan adalah yang tidak memiliki kandungan pupuk didalamnya.

Sebelumnya kami telah menguji media tanam untuk proses adaptasi menggunakan sekam mentah dan juga cocopeat. Nah, kali ini kita akan menguji media tanam sekam bakar yang wujudnya bisa Anda lihat pada gambar berikut:

Sekam bakar

Sebelumnya kami menyimpan paket bibit mawar dalam kotak dus yang kami simpan selama 8 hari agar mawar menjadi layu sehingga bisa ketahuan tes sekam bakarnya apakah bisa berfungsi atau tidak, serta untuk mengkondisikan paket mawar layaknya pengiriman ke tempat jauh yang bisa memakan waktu berhari-hari.

Hasilnya banyak daun mawar yang berguguran akibat terlalu lama di simpan dalam kotak dus. Namun, kabar baiknya adalah batangnya masih berwarna hijau. Bila batangnya masih berwarna hijau walaupun daunnya banyak yang rontok, mawar masih bisa diselamatkan dengan media tanam yang benar (untuk proses adaptasi).

Setelah itu, kami tanam dengan media tanam sekam bakar (100%), lalu kami siram dengan air yang cukup banyak agar mawar bisa terlihat lebih segar daripada awal dibuka dari paket.

Nah, setelah itu kami menyimpannya di tempat teduh dengan intensitas penyiraman 3 kali dalam sehari. Namun, biasanya mawar lebih bagus bila disimpan pada tempat yang hanya terkena matahari pagi sekitar 1-2 jam untuk proses adaptasi ini. Namun, bila tempat Anda memiliki suhu udara yang sangat panas (dataran rendah) sehingga takut bila mawarnya layu karena belum segar. Maka boleh disimpan di tempat teduh dulu.

Setelah itu, biasanya secara rata-rata dalam waktu seminggu, mawar mulai berdiri tegak, artinya mawar sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah itu mawar wajib dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari, boleh seminggu berikutnya disimpan di tempat yang terkena matahari pagi saja 2-4 jam bila di tempat Anda suhu udaranya terlampau panas.

Seminggu berikutnya bila mawar semakin bagus, maka wajib Anda pindahkan ke tempat full sun (yang terkena matahari sepanjang hari. Lihat juga video dibawah agar lebih bisa memahami dengan baik. Jangan lupa untuk berlangganan dengan channel youtube kami agar selalu mendapatkan tips dan trik seputar perawatan bunga mawar. Terima kasih.

Bagaimana hasilnya? Cek disini: Hasil Tes Media Sekam Bakar Pada Mawar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here