Jual Bunga Sepatu Filum (Spathiphyllum Floribundum)

Bunga Sepatu filum adalah tanaman bunga yang masuk kedalam keluarga Araceae atau dalam bahasa Indonesia adalah suku talas-talasan. Tanaman hias ini memiliki nama lain yakni kaca spion, sedangkan nama ilmiahnya adalah spathiphyllum floribundum. Sedangkan dalam bahasa Inggris bunga berwarna putih ini memiliki banyak nama diantaranya adalah peace lily, spathe flower, white sails dan snowflower. Asal mula tanaman yang merupakan tanaman herba tahunan ini berasal dari Barat Laut Amerika Selatan dari Panama Timur ke Venezuela dan selatan ke Peru. Tetapi sebagian sumber menyebutkan juga bahwa beberapa spesies sepatu filum terjadi secara alami di Indonesia dan Filipina.

Daun sepatu filum memiliki bentuk oval meruncing seperti ujung tombak dengan warna hijau mengkilap dengan lebar sekitar 5-9 cm dan panjang sekitar 12-20 cm. Daunnya muncul dari batangnya yang pendek tegak. Bunganya memiliki aroma dan terdiri atas struktur berwarna putih besar seperti perisai dengan tinggi kurang lebih 20 cm. Nah, di depannya terdapat seperti pusat gagang berwarna putih kekuningan dengan tinggi rata-rata 8 cm. Sekilas, perisai dan gagang sepatu filum mirip dengan pegangan pada pedang anggar. Pada gagangnya tersebut terdapat benjolan-benjolan sangat kecil yang sebenarnya itu adalah inti daripada bunganya.

Tanaman berbunga sepatu film akan tumbuh baik dalam kondisi lembab, seperti pada media pot yang kaya akan humus dan bahan organik. Di habitat aslinya, sepatu filum tumbuh di hutan-hutan tropis yang lembab pada kedalaman sedang. Mereka akan tumbuh dengan ideal sebagai tanaman rumah jika disimpan pada tempat yang terkena sinar matahari namun secara tidak langsung, jadi sebaiknya jangan disimpan di tempat yang langsung terkena sinar matahari untuk pertumbuhan yang maksimal walaupun sebenarnya dapat juga ditanam pada tempat full sun (matahari penuh). Sepatu filum juga disimpan di tempat teduh di rumah Anda, tetapi kemungkinan bunganya tidak akan mekar kecuali mereka mendapatkan cahaya matahari secara tidak langsung seperti diletakkan di dekat jendela yang tertembus sinar matahari.

Bunga sepatu filum menyukai lingkungan yang lembab, sehingga aktivitas penyiraman harus agak sering diberikan namun sedikit-sedikit dengan saluran drainase yang baik pada media penyimpanan tanahnya. Apabila datang musim hujan, sebaiknya penyiraman jarang dilakukan tetapi tetap tidak membiarkan tanahnya kering. Penyiraman menggunakan air hujan adalah lebih baik dibanding dengan air tawar yang ada di rumah bagi tanaman ini.

Bagi Anda yang hobi bercocok tanam bunga, khususnya bagi pemula, bunga ini sangat mudah untuk ditanam dan dirawat, cocok sekali disimpan di ruangan publik seperti lobi atau ruangan tunggu dengan syarat selalu disiram walaupun sedikit-sedikit dan setidaknya selalu terkena cahaya matahari yang tembus dari jendela kaca bila disimpan dalam ruangan. Sepatu filum merupakan tanaman dedaunan yang menyejukkan mata para bagi orang-orang yang melihatnya. Bahkan ketika bunganya belum mekar, daunnya yang berwarna hijau tua dan mengkilap masih menarik untuk dipandang.

Sebagai peringatan, daun dan bunga sepatu film beracun apabila tertelan, kucing dan anjing diketahui pernah teracuni tanaman ini, sehingga Anda harus memperhatikan hewan peliharaan Anda di rumah (jika ada) agar jangan sampai memakan daun atau bunganya. Getahnya juga dapat membuat kulit iritasi bagi yang memiliki kulit sensitif, jadi bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya selalu menggunakan sarung tangan ketika merawat tanaman ini.

Nah, bagi Anda yang ingin mengkoleksi tanaman berbunga putih ini baik itu untuk disimpan di dalam ruangan atau pun luar ruangan (indoor atau outdoor), tidak ada salahnya untuk mencoba sicantik putih yang mirip pedang anggar ini. Silahkan kontak kami untuk pemesanan atau ikuti kami di instagram untuk melihat koleksi bunga lainnya di @bungamawar_com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here