Cara Memindahkan Tanaman Dari Polibag

Bagaimana cara memindahkan tanaman dari polibag? Terkadang penjual tanaman hias menjual tanamannya dalam bentuk polibag sehingga bagi Anda yang ingin memindahkan tanamannya ke pot, tak jarang Anda sendiri yang harus memindahkannya di rumah. Atau mungkin Anda ingin memindahkannya langsung ke tanah.

Memang memindahkan tanaman dari polibag ke pot atau pun ke tanah sepertinya terlihat sepele. Namun, bila Anda salah melakukannya bisa saja tanaman Anda nantinya mengalami stres atau yang paling parah tanaman bisa mati bila salah perlakuannya. Apalagi jika Anda seorang pemula yang baru belajar berkebun (menanam tanaman hias sendiri), ada baiknya Anda harus tahu cara memindahkan tanaman dari polibag dengan benar.

Hal yang paling tidak boleh dilakukan adalah mencabut paksa tanaman hias dari dalam polibag, yakni dengan menarik tanaman langsung (dirabut) dari polibag dengan keras. Bila Anda melakukan hal ini, tanaman hias Anda bisa stres ketika dipindahkan ke tempat lain baik itu ke pot atau pun ke tanah langsung. Dan yang paling parah bisa mati. Tetapi bila Anda melakukan hal ini, biasanya tanaman pasti akan mati setelahnya.

Rosemary dalam polibag

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan struktur akar pasti banyak yang putus, sedangkan akar merupakan inti pertumbuhan yang dimiliki tanaman (bila akar rusak) maka tanaman kemungkinan tidak dapat menyerap nutrisi. Sedangkan untuk hidup, tanaman memerlukan nutrisi seperti halnya manusia yang membutuhkan asupan makanan (nutrisi) agar bisa hidup.

Lalu, bagaimana seharusnya melakukan pemindahan yang baik dan benar? Pada intinya, pemindahan yang baik adalah pemindahan yang tidak merusak akarnya. Untuk menjaga agar akar tidak rusak selama pemindahan dari polibag, ada dua cara yang bisa Anda terapkan.

Cara Pertama:

Bila polibag tanaman tipis atau Anda tidak akan menggunakan lagi polibagnya, maka cara yang paling mudah adalah dengan menyobekkan polibag dari bagian atas kebawah secara hati-hati. Dengan begini biasanya media tanam suatu tanaman tidak akan berubah bentuknya, media tanam akan tetap berbentuk seperti semula hanya saja sekarang ibarat kata dia tidak memiliki baju.

Dengan begitu, sang tanaman tidak akan merasakan adanya perubahan pada dirinya. Setelah polibag terbuka, maka Anda bisa dengan santai memindahkan tanaman ke pot atau tanam di tanah tanpa khawatir tanaman Anda akan stres atau mati.

Cara Kedua:

Cara kedua adalah memindahkan tanaman dari polibagnya tanpa merubah struktur media tanam namun tanpa merusak polibagnya juga. Sehingga dengan cara ini, polibag bisa Anda pakai lagi. Atau bila polibagnya terlalu tebal untuk disobek dengan tangan, maka cara ini bisa diterapkan. Lalu, seperti apakah caranya?

Tidak terlalu sulit, Anda hanya harus membaringkan (memiringkan) polibag lalu tekan-tekan polibag secara perlahan dengan kedua tangan Anda sambil sedikit di putar-putar. Setelah polibag ditekan-tekan, lalu Anda angkat dan balikkan polibag (bagian tanaman berada di bawah) dengan menahan bagian atasnya agar tidak jatuh. Kemudian setelah Anda tahan bagian tanaman yang sedang dibalik, bagian bawah polibag yang menjadi di atas Anda tarik agar terlepas dari media tanamnya. Lalu Anda balik lagi dan tanaman pun siap dipindahkan tanpa harus merusak polibag.

Untuk lebih memperjelas, kami sudah menyiapkan video prakteknya untuk Anda di bawah ini. Jangan lupa untuk berlangganan (subscribe) pada channel youtubenya ya untuk bisa mendapatkan tips dan trik seputar tanaman hias. Terima kasih dan selamat mencoba.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here