Cara Menanam Bibit Gerbera Online

Bagaimanakah cara menanam bibit bunga gerbera dari pembelian online? Bibit gerbera yang kami maksud adalah bibit gerbera yang sudah tumbuh (bukan benih / biji). Jadi bila Anda membeli bibit bunga gerbera yang sudah tumbuh via online seperti dari kami atau pun dari toko online lainnya, terdapat perlakuan berbeda apabila Anda beli dari toko bunga atau tanaman hias di tempat Anda.

Yang pertama yang harus disiapkan adalah polibag atau pot sebagai wadah untuk menanamnya. Setelah itu, siapkan media tanam yang cocok untuk gerbera. Media tanam yang paling cocok untuk bunga gerbera adalah tanah lempung yang berpasir. Bila tidak ada bisa diganti dengan tanah humus. Bila tidak ada juga bisa diganti dengan sekam bakar atau sekam mentah. Bila tidak ada juga, bisa pakai tanah kemasan yang sudah dicampur pupuk yang biasanya banyak dijual di toko-toko bunga atau toko alat pertanian.

Lalu, bagaimana bila tanah saja? Bila tanah saja, gerbera tidak menyukainya karena akar gerbera yang berstruktur serabut sulit berkembang pada media yang terlampau padat. Tanah itu bersifat padat, bila terus-terusan disiram dia akan menguat dan padat sehingga akar gerbera yang berstruktur serabut sulit untuk menembusnya dimana hal ini mengakibatkan gerbera tidak bisa tumbuh dan bahkan bisa saja mati.

Bunga gerbera merah

Sebagai rekomendasi, media yang bagus adalah tanah lempung berpasir, sekam (mentah / bakar), atau tanah humus. Tanah humus yang terbaik adalah tanah yang dicampur dengan daun bambu kering yang sudah dipotong kecil-kecil. Sedangkan tanah kemasan yang sudah dicampur pupuk sebenarnya kurang kami rekomendasikan.

Hal ini dikarenakan tanah kemasan mengandung pupuk yang cukup banyak, sedangkan bibit gerbera hasil pembelian online dimana pengirimannya tidak diikutsertakan media tanamnya. Sehingga mereka harus beradaptasi terlebih dahulu dengan cuaca baru dan media tanam baru. Sedangkan, bila media tanam terlalu banyak pupuk dimana pupuk itu bersifat panas. Terkadang bunga gerbera tidak bisa menahan panasnya pupuk, dimana akarnya masih beradaptasi.

Cara Menanam

Bila media tanam dan pot sudah tersedia. Cara menanamnya sebetulnya sederhana saja, Anda tinggal mengisi pot atau polibag dengan media tanam dan ketika hampir penuh, masukkan bibit gerberanya di tengah-tengah pot atau polibag. Lalu, isi lagi media tanam hingga bibit bunga gerbera bisa berdiri dengan baik (tegak).

Setelah itu, siram dengan air yang banyak. Kemudian simpan gerbera di bawah naungan plastik UV dan paranet. Siram 3x/hari selama satu minggu pertama atau sampai gerbera terlihat sudah mulai dapat beradaptasi dengan baik. Bila sudah beradaptasi, kurangin penyiraman menjadi 1-2x/hari tergantung tingkat kepanasan atau kelembapan udara di tempat Anda.

Lalu bagaimana bila tidak memiliki tempat naungan yang dilapisi plastik UV dan paranet? Untuk sementara Anda bisa menyimpannya di bawah matahari langsung namun harus matahari pagi saja selama 2-4 jam dan penyiraman sama 3x/hari. Tetapi bila daerah Anda memiliki suhu yang relatif sangat panas. Sebaiknya Anda simpan dulu gerbera di tempat teduh selama seminggu, minggu kedua pindahkan ke tempat yang terkena matahari pagi, lalu setelah minggu ketiga gerbera pindahkan ke tempat yang terkena matahari sepanjang hari.

Itulah perbedaannya bila Anda membeli bibit gerbera yang sudah jadi via online. Bila beli yang sudah jadi dengan polibagnya, maka gerbera bisa langsung disimpan di tempat matahari penuh. Jangan sampai gerbera disimpan di tempat teduh karena bunga gerbera adalah bunga yang memerlukan sinar matahari sepanjang hari.

Bila masih bingung, silahkan tonton juga videonya dibawah ini. Jangan lupa untuk berlangganan (subscribe) channel youtubenya agar bisa mendapatkan tips dan trik seputar tanaman hias ya. Terima kasih dan selamat berkebun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here