Cara Menghilangkan Hama Kutu Putih Pada Mawar

Merawat bunga mawar itu menyenangkan, terlebih apabila mawar yang kita tanam tumbuh subur dan rajin berbunga. Namun, sama halnya dengan manusia yang terkadang mengalami sakit. Bunga mawar pun begitu, terkadang mereka sakit yang disebabkan oleh hama tanaman. Nah, pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan hama kutu putih pada mawar.

Hama kutu putih ini sangatlah bandel, disemprot berbagai macam pestisida pun mereka tetap saja menempel. Apakah mawar Anda sedang mengalami hal ini? Jika ya, dan Anda belum tahu cara menghilangkannya, mungkin ada rasa jengkel karena hama kutu putih ini membuat bunga mawar tidak sedap dipandang. Selain itu, bila terus dibiarkan batang mawar bisa mengering dan bisa saja mati. Juga kutu putih ini sering menular ke tanaman mawar lainnya yang berdekatan.

Namun, Anda jangan dulu putus asa, karena masih ada cara untuk menghilangkannya. Sebelum itu, kita lihat dulu penampakan hama kutu putih pada mawar yang menyebalkan itu di bawah ini.

Karena hama ini sangat sulit dihilangkan dengan pestisida (saat ini kami belum menemukan pestisida yang ampuh untuk membasminya), jadi cara menghilangkannya menggunakan cara yang dapat dibilang tradisional dan cukup memakan waktu namun sangat ampuh.

Yuk disimak caranya berikut ini:

  • Siapkan sikat gigi bekas, air dan deterjen (merk apa pun).
  • Ambil air satu gayung dan masukkan deterjen secukupnya ke dalam air, kemudian aduk hingga airnya berbusa.
  • Lalu ambil sikat gigi, masukkan ke dalam air deterjen dan sikatlah seluruh batang mawar yang ditempeli hama kutu putih tersebut.
  • Selalu celupkan sikat gigi ke dalam air deterjen bila sudah habis ketika menyikat.
  • Bila sudah disikat semuanya, bersihkan batang mawar dengan air bersih dan selesai sudah.

Cara ini sangatlah ampuh, namun memakan cukup waktu terlebih bila Anda memiliki banyak mawar dan semuanya terkena hama ini.

Kami benar-benar belum menemukan pestisida yang ampuh untuk membasmi hama kutu putih ini. Namun bila Anda mengetahui ada pestisida yang cocok dan pernah dicoba (ampuh) atau ada cara lain selain dengan cara menyikatnya. Alangkah baiknya bila Anda dapat membaginya disini, sehingga para penggemar bunga mawar mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.

Hama kutu putih bisa hinggap kapan saja terutama pada tanaman mawar yang sudah besar-besar. Namun, kita bisa mencegah hama kutu putih ini hinggap yakni dengan cara rutin menyemprotkan obat pestisida. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Jadi lebih baik kita sedia payung sebelum hujan.

Semprotlah tanaman mawar dengan pestisida secara rutin. Tips penyemprotannya bisa Anda baca pada artikel kami sebelumnya yang berjudul: Tips Antisipasi Hama Pada Bunga Mawar. Terutama bila Anda telah mempraktekan cara menghilangkan hama kutu putih pada mawar dalam artikel ini. Setelah hama kutu putih hilang dengan cara disikat, sebaiknya langsung Anda semprot dengan pestisida agar hama ini tidak balik lagi, lalu lakukanlah hal ini setiap 10 hari sekali atau paling lambat setiap 2 minggu sekali.

Silahkan tonton juga videonya untuk lebih memperjelas dan jangan lupa berlangganan (subscribe) channel youtubenya untuk mendapatkan informasi lain seputar bunga mawar dan berbagai tanaman hias lain. Terima kasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here