Cara Packing Tanaman Hias Online

Bagaimana cara packing (pengemasan) tanaman hias untuk penjualan online? Seperti sudah Anda ketahui, saat ini semua orang bisa dengan mudah memasarkan produk menggunakan teknologi internet. Dengan adanya internet, penjual yang ada di Bandung (contohnya) bisa memasarkan produknya hingga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia tanpa bertatap muka langsung.

Telepon seluler (hp) – produk – jasa ekspedisi. Ketiga macam itu saat ini benar-benar saling terkait dan saling menguntungkan. Setiap orang saat ini hanya dengan bermodalkan hp pintar bisa melakukan jual beli ke seluruh Indonesia asalkan ada produk yang bisa dijual. Untuk pengiriman, saat ini banyak bermunculan jasa-jasa ekspedisi yang bisa mengakomodirnya.

Bunga Aster

Dengan melakukan beberapa klik dari hp pintar yang bahkan transfer dana pun sudah bisa dilakukan melalui telepon genggam (tidak perlu pergi lagi ke bank / atm), suatu produk dari Bandung bisa sampai ke Papua dalam beberapa hari. Sangat canggih dan mudah sekali bukan?

Produk apa pun saat ini dapat dikirim via jasa ekspedisi yang bahkan bunga atau tanaman hias pun dapat dilakukan seperti yang biasa kami lakukan. Namun, bunga atau tanaman hias adalah tumbuhan hidup yang bisa mati. Mungkin terbesit dalam benak Anda, bagaimana tanaman hias dapat dikirim melalui jasa ekspedisi dengan selamat sampai tujuan?

Secara garis besar, terdapat dua faktor penting agar tanaman hias dapat selamat sampai tujuan yakni faktor lama tidaknya tanaman hias terkirim (semakin cepat tanaman hias sampai, maka itu semakin baik). Faktor kedua adalah faktor pengemasan. Lalu bagaimana cara packing tanaman hias online yang baik agar tanaman bisa selamat sampai tujuan?

Bagian akar tanaman yang sudah dilepas dari polibag atau pot ditambahkan media coco peat (serabut kelapa yang sudah dihaluskan) yang kemudian di bungkus dengan plastik dan diikat karet. Apa tujuannya? Tujuannya agar tanaman dapat bertahan lebih lama selama perjalanan karena memiliki sedikit media pada akarnya.

Kemudian pada bagian atas (daun, batang atau bunga) digulung secara hati-hati dan padat agar daun, batang atau bunga lebih terjaga daripada benturan yang akan dialaminya selama proses pengiriman paket.

Setelah itu, tanaman disusun secara rapi dan juga padat kedalam kotak dus yang tidak menyisakan ruang kosong didalamnya. Mengapa tidak boleh ada ruang kosong? Karena bila terdapat ruang kosong, maka tanaman akan terguncang-guncang didalam dus yang berakibat dapat mengalami kerusakan. Sebaliknya karena tidak menyisakan ruang kosong, maka tanaman akan selalu diam pada posisinya sehingga akan sangat meminimalisir kerusakan.

Kemudian dus ditutup serapi mungkin dan paket tanaman hias online pun siap dikirim ke seluruh Indonesia. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara packing tanaman hias kami, silahkan ditonton juga videonya di bawah ini ya. Jangan lupa untuk berlangganan (subscribe) channel youtubenya untuk mendapatkan video-video seputar tanaman hias. Terima kasih dan selamat berkebun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here