Hasil Tes Media Sekam Bakar Pada Mawar

Artikel ini adalah lanjutan daripada artikel sebelumnya yang berjudul Tes Media Tanam Sekam Bakar Untuk Mawar.

Jadi sebelumnya kami telah menjelaskan bahwa bibit mawar yang sudah tumbuh dan telah melalui pengiriman paket hingga akhirnya Anda terima, memerlukan perawatan khusus ketika Anda menanamnya. Salah satunya adalah pemilihan media tanam yang tepat agar bibit mawar lolos dari kondisi stres setelah perjalanan jauh dan berhari-hari.

Nah, salah satu media tanam yang bisa digunakan untuk menanam bibit mawar seperti ini adalah sekam bakar. Dimana sekam bakar ini telah lulus uji dapat digunakan sebagai media tanam awal maupun seterusnya yang dapat digunakan oleh bunga mawar. Kami menguji untuk membuktikan bahwa sekam bakar benar-benar cocok untuk digunakan sebagai media tanam bibit mawar khususnya yang Anda peroleh dari hasil pembelian online (dalam bentuk sudah jadi batang dan berakar).

Bila bibit mawar hingga berhari-hari dalam perjalanan biasanya daun-daunnya pada rontok namun batangnya masih berwarna hijau. Setelah dilakukan proses karantina dengan menggunakan media tanam sekam bakar, daun-daun mawar mulai tumbuh kembali dengan baik setelah 19 hari.

Jadi, bila Anda selama ini selalu gagal menumbuhkan bibit mawar yang dibeli lewat online, bisa jadi media tanamnya kurang tepat. Berdasarkan pengalaman kami, beberapa pelanggan kami gagal menumbuhkan bibit mawarnya disana. Setelah kami telusuri, biasanya yang gagal menumbuhkan bibit mawar adalah mereka yang menggunakan media tanam yang sudah jadi dari toko bunga atau toko pertanian.

Nah, biasanya media tanam yang sudah jadi yang mudah ditemukan di toko-toko bunga atau pertanian adalah campuran daripada tanah dan pupuk kandang/kompos atau campuran tanah, sekam dan pupuk kandang/kompos. Bisa jadi penyebab kegagalannya adalah karena terdapat kandungan pupuknya. Mengapa begitu?

Sebenarnya media tanam tersebut adalah bagus, hanya saja media tanam tersebut lebih cocok digunakan untuk menanam bibit mawar atau pun tanaman hias lainnya yang sudah tumbuh dengan polibag disana. Atau bila Anda membeli bunga hias di tempat Anda dimana biasanya sudah dalam bentuk polibag dengan terdapat media tanamnya, maka media tanam kemasan tersebut bagus untuk digunakan.

Sedangkan bibit mawar yang dikirim melalui online biasanya tidak disertai dengan media tanam karena sulit untuk dikemas dan untuk mengurangi biaya ongkos kirim. Sehingga mereka memerlukan adaptasi dengan media baru dan juga cuaca baru.

Nah, pada dasarnya pupuk itu bersifat panas, sehingga kurang cocok bila diberikan langsung kepada tanaman yang harus beradaptasi terlebih dahulu dimana akarnya masih sangat lemah dan rentan. Sedangkan media tanam sekam bakar bukanlah pupuk sehingga tidak bersifat panas. Oleh karena itulah media tanam sekam bakar sangat cocok digunakan sebagai media awal agar bibit mawar bisa cepat beradaptasi.

Lalu, bagaimana jika tidak ada sekam bakar di daerah Anda? Anda bisa menggunakan alternatif lainnya yakni sekam mentah atau coco peat (sabut kelapa yang telah dihaluskan). Jangan menggunakan media tanam tanah saja, walau pun tidak terdapat pupuknya, namun bunga mawar tidak suka bila ditanam hanya dengan tanah saja karena media tanah berbentuk padat, sedangkan mawar tidak suka dengan media tanam yang terlalu padat karena akarnya sulit berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here