Cara Memindahkan Tanaman Dari Pot Kecil Ke Besar

Menanam tanaman hias dalam pot memang indah terlebih bila tanamannya bagus dan juga potnya bagus, maka sempurnalah keindahannya. Namun, terkadang tanaman hias harus dipindahkan dari pot lamanya. Hal ini biasanya dikarenakan tanaman adalah makhluk hidup yang terus tumbuh membesar hingga pot lamanya sudah tidak bisa menampung lagi pertumbuhan akarnya.

Bila ukuran pot sudah tidak bisa menampung besar atau banyaknya akar dalam pot, maka pertumbuhan sang tanaman hias pun menjadi kurang bagus. Ini disebabkan karena biasanya media tanam sudah habis tergerus sang akar. Secara logika, bila media tanam sudah habis maka tidak ada lagi nutrisi yang bisa diserap oleh si akar. Oleh sebab itulah tanaman bisa saja menjadi rusak.

Selain itu, bila tanaman yang sudah besar tetap dalam pot yang kecil, dari segi penampakkannya pun menjadi kurang sedap dilihat. Mengapa tidak! Ukuran pot menjadi sangat tidak proporsional dengan ukuran bunga (tanaman hias). Tanaman besar, pot kecil! Sungguh tidak proporsional dan tidak sedap dipandang, betul tidak? Bila sudah begitu, maka tanaman sebaiknya segera dipindahkan ke ukuran pot yang lebih besar.

Namun, Anda harus hati-hati karena bila tidak tahu caranya, tanaman Anda bisa saja stres dan berujung pada kematian. Lalu bagaimana cara memindahkan tanaman dari pot kecil ke pot besar? Yuk, simak terus bahasanya dalam artikel ini ya.

Tanaman hias philo silver

Ya, walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak tahu caranya bisa berakibat fatal. Terutama bagi para pemula yang baru saja hobi berkebun (menanam bunga hias). Mungkin sebagian belum tahu caranya, maka tidak ada salahnya kan kalau kami memberikan tips ini yang walaupun sederhana, tetapi mungkin bermanfaat bagi yang masih awam dengan dunia tanaman hias, hehe.

Simak tata caranya berikut ini:

  1. Belilah pot yang ukurannya lebih besar daripada pot bunga Anda yang sudah terlihat menjadi kekecilan bagi tanaman hias Anda. Ukuran pot pengganti tentunya harus disesuaikan dengan ukuran tanaman Anda.
  2. Nah, bila Anda sudah membeli pot baru yang lebih besar. Selanjutnya Anda harus memasukkan pot sebelumnya yang masih ada tanamannya ke dalam pot baru yang lebih besar. Ini berguna agar Anda tahu berapa banyak media tanam yang harus dijadikan dasar pada pot yang baru sehingga nantinya tanaman yang dipindahkan memiliki posisi yang pas.
  3. Lalu masukkan media tanam sebagai dasar, selalu ukur pot kecil dengan cara memasukkannya ke dalam pot besar. Ukur terus sampai posisi pot kecil pada pot besar tepat ukuran tingginya. Bila sudah pas, berhentilah memasukkan media tanam.
  4. Selanjutnya, Anda harus mengeluarkan tanaman hias yang berada pada pot kecil. Nah disinilah hal yang paling krusial dalam memindahkan tanaman. Cara mengeluarkannya adalah dengan cara membaringkan pot pada posisi tidur lalu tekan-tekan pot secara perlahan agar media tanam pada pot yang sudah mengeras bisa longgar.
  5. Setelah itu, keluarkan tanaman beserta media tanamnya dari pot dengan cara membalikkan pot dan tahan posisi tanaman agar tidak jatuh, lalu tarik pot dari atas agar bisa melepaskan tanaman. Dengan cara ini, struktur atau posisi akar tidak ada perubahan sama sekali. Bila Anda berhasil membukanya, maka media tanam yang telah mengeras itu pas dikeluarkan dari pot akan berbentuk pola pot sebelumnya. Bedanya adalah sekarang dia tidak memiliki baju (pot).
  6. Kemudian Anda tinggal masukkan saja tanaman yang sudah Anda keluarkan dari pot sebelumnya ke pot baru yang lebih besar. Usahakan Anda simpan atau tanam dengan posisi yang simetris berada di tengah-tengah pot agar terlihat bagus.
  7. Sekarang Anda tinggal menambahkan media tanam lagi ke bagian yang masih kosong hingga penuh. Bila sudah, jangan lupa untuk menyiram setelahnya ya.

Bagaimana, apakah masih bingung? Bila ya, silahkan tonton juga videonya agar Anda bisa lebih memahaminya. Dan jangan lupa untuk klik berlangganan (subscribe) pada channel youtubenya agar bisa mendapatkan tips-tips lain seputar tanaman hias. Terima kasih sudah berkunjung, dan selamat berkebun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here