Cara Packing Tanaman Beserta Media Tanamnya

Pada umumnya dalam hal melakukan pengiriman tanaman melalui jasa ekspedisi, tanaman dikirim tidak dengan media tanamnya. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan agar mengurangi beban berat paket, karena ini menyangkut biaya pengiriman. Bila tanaman hias dikirim beserta media tanamnya, maka dipastikan ongkos pengiriman membengkak.

Selain untuk meminimalisir beban biaya ongkos kirim, pengiriman tanaman tidak dengan media tanamnya bertujuan agar resiko kerusakan bunga dapat diminimalisir. Bila dikirim dengan media tanam (metan) – nya sekaligus didalam polibag atau potnya. Packing tanaman akan lebih sulit karena batang tanaman bisa sangat terhimpit oleh beratnya metan yang ada pada polibag atau pot.

Hal tersebut sebenarnya tidak masalah bila pengirimannya dilakukan pada jarak dekat dan kotak dus tidak dibolak-balik. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan dengan jasa pengiriman seperti misalnya ojek online. Dimana paket pasti bisa diatur agar tidak dibolak-balik, dan biasanya via ojek online tidak akan dibolak-balik.

Bunga Fuchsia Ungu

Tentunya hal ini sangat berbeda sekali bila kita menggunakan jasa ekspedisi kurir. Walau pun misalnya kita meminta agar paket tidak dibolak-balik, namun hal ini belum tentu bisa mereka penuhi. Pasalnya pihak jasa ekspedisi selalu memiliki paket yang sangat banyak untuk dikirimkan, juga mereka tentunya dikejar waktu karena paket harus sampai dengan cepat (tepat pada waktunya). Karenanya, bisa saja paket dilempar-lempar. Untuk itu, packing khusus tanaman harus benar-benar disesuaikan agar bagaimana pun kondisi pengiriman, tanaman bisa tetap selamat sampai tujuan.

Baca juga: Cara Packing Tanaman Hias Online.

Namun, dalam beberapa kasus. Terdapat pelanggan yang ingin dikirim beserta metannya. Biasanya ini dikarenakan mereka kesulitan untuk mendapatkan metan di tempatnya. Nah, dalam hal ini kami selaku penjual tanaman hias online dapat memenuhi permintaan tersebut. Hanya saja sudah dipastikan ongkos kirim pasti membengkak.

Kita ambil contoh untuk pengiriman bibit bunga mawar. Bila bunga mawar dikirim tanpa metannya, dalam 1 kg bisa muat 10 pohon mawar. Namun, bila dikirim beserta metannya, maka biasanya berat per satu tanaman bisa menjadi 1 kg, sehingga bila memesan 10 tanaman mawar, maka total beratnya bisa mencapai 10 kg.

Kami bisa menyertakan metan gratis yakni metan jenis sekam mentah (gabah padi) untuk dikirimkan bersamaan dengan tanamannya, namun beban ongkos kirim tetap menjadi tanggungan pembeli. Lalu, bagaimana cara packing tanaman beserta media tanamnya?

Agar tanaman yang dikirim beserta metannya selamat sampai tujuan, cara packingnya adalah dengan memisahkan antara tanaman dan juga media tanamnya. Metan akan kita pisahkan (dibungkus) terlebih dahulu menggunakan plastik yang diisi khusus metan. Kemudian akar tanamannya akan diberikan tambahan cocopeat (sabut kelapa yang sudah dihaluskan) agar dapat bertahan diperjalanan.

Nah, untuk memperjelas bagaimana cara packing tanaman beserta media tanamnya, silahkan Anda bisa menyaksikan tayangan video di bawah ini. Silahkan untuk klik berlangganan (subscribe) pada channel youtubenya agar bisa mendapatkan tips-tips seputar perawatan tanaman hias maupun informasi-informasi lain seputar tanaman hias atau bunga hias. Terima kasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here