Cara Menanam Bibit Mawar di Pot

Bagaimana cara menanam bibit mawar di pot? Bibit mawar yang kami maksudkan adalah bibit mawar batang yang sudah menjadi pohon, bukan bibit biji. Bibit mawar hasil perbanyakan teknik okulasi dimana sudah terdapat akar, batang, daun dan bahkan kuncup bunga.

Nah, disini kami akan memberikan panduan bagaimana cara menanam bibit mawar tersebut langsung ke dalam pot, khususnya bagi Anda yang membeli bibit mawar dari kami.

Langkah-Langkah Cara Menanam Bibit Mawar

  1. Buka dus paket bibit mawar.
  2. Keluarkan bibit mawar.
  3. Buka pembungkus atasan mawar (batang dan kuncup/bunga).
  4. Sebelum ditanam, bibit mawar sebaiknya diguyur dulu dengan air, sambil didiamkan dengan cara diberdirikan. Anda bisa menyenderkannya agar dia berdiri.
  5. Diamkan selama kurang lebih 1 jam atau sampai terlihat lebih segar dari pada saat pertama kali dibuka.
  6. Sementara itu, kita siapkan pot dan juga media tanamnya. Media tanam yang terbaik bagi bibit mawar pindahan seperti ini adalah sekam bakar tanpa dicampur dengan media lainnya. Namun, bila tidak ada sekam bakar bisa menggunakan sekam mentah. Bila tidak ada juga, bisa menggunakan media kompos yang biasanya dapat dibeli dari toko pertanian.
  7. Jangan menanamnya dengan tanah, terlebih bila itu full semuanya tanah saja. Mengapa? Karena mawar tidak suka bila medianya terlalu padat (bantat). Akarnya yang serabut akan kesulitan menembusnya sehingga dia sulit untuk tumbuh (hidup).
  8. Kemudian masukkan media tanam ke dalam pot hingga hampir terisi penuh.
  9. Ambil bibit mawar, kemudian buka plastik pembungkus akar. Ingat plastik pembungkus akar wajib dibuka ya, kalau tidak dibuka tentu mawar tidak akan bisa hidup.
  10. Masukkan bibit mawar tersebut ke dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam.
  11. Tanamkan dan padatkan kembali dengan media tanam sampai dia bisa berdiri tegak dan kokoh.
  12. Lalu, siramlah dengan air yang banyak minimal dua gayung.

Proses Adaptasi (Masa Karantina)

Perlu diketahui, bahwa bibit mawar tidak akan langsung tumbuh dan segar setelah kita tanamkan seperti itu. Dia biasanya akan mengalami masa stres karena harus beradaptasi terlebih dahulu dengan cuaca dan tempat baru. Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  • Mawar jangan langsung di simpan di tempat panas, simpan dulu di tempat teduh karena bila langsung simpan di tempat panas, mawar akan gosong karena akarnya belum menyatu dengan media tanam disana.
  • Mawar jangan dulu diberi pupuk kandang atau pupuk kimia seperti NPK atau sejenisnya. Pupuk bersifat panas, dan karena akarnya belum menyatu dengan media baru, bila langsung diberi pupuk, maka mawar akan gosong juga.
  • Selama masa karantina ini, akar mawar harus selalu basah. Oleh karena itu, bibit mawar harus disiram sehari tiga kali dengan banyaknya air kurang lebih dua gayung.
  • Bila bibit mawar yang dikirimkan sudah ada bunga atau kuncupnya, sebaiknya kuncup atau bunganya dipotong agar dia bisa lebih cepat beradaptasi dan mengeluarkan tunas baru.
  • Masa karantina bibit mawar biasanya memakan waktu kurang lebih seminggu. Nah, bila sudah seminggu atau bibit mawar sudah terlihat lebih segar atau mengeluarkan tunas baru. Mawar wajib dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari.

Itulah langkah-langkah cara menanam bibit mawar di pot bila Anda membeli bibit mawar melalui pengiriman paket.

Catatan Tambahan

Bila sebelumnya Anda selalu gagal menanam bibit mawar karena di tempat Anda memiliki suhu udara yang sangat panas, maka Anda bisa mencoba metode lain agar mawar bisa beradaptasi yakni dengan menggunakan metode sungkup. Silahkan baca artikel kami tentang ini disini: Teknik Sungkup Mawar.

Lihat juga video prakteknya berikut ini. Jangan lupa untuk berlangganan (subscribe) channel youtubenya agar bisa mendapatkan tips-tips seputar perawatan bunga mawar dan juga tanaman hias lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here