Cara Packing Tanaman Hias Beserta Potnya

Bagaimana cara packing tanaman hias beserta potnya? Dalam pengiriman paket tanaman hias online, yang paling bijak adalah mengirimkan tanaman tidak dengan pot maupun media tanamnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengiriman paket ke seluruh Nusantara serta agar biaya pengiriman tidak mahal.

Silahkan baca juga artikel kami mengenai bagaimana biasanya kami melakukan pengemasan tanaman hias untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia via paket disini: Cara Packing Tanaman Hias.

Namun, terkadang beberapa pelanggan kami ingin agar tanaman yang dipesan dikirimkan bersama pot dan juga media tanam yang ada di dalamnya. Tentunya akan sangat mudah bila pelanggan tersebut berasal dari kota yang sama. Dalam hal ini sesama Bandung (karena kami berada di Bandung) menggunakan servis Go-Send atau Go-Car dari Go-Jek.

Lalu, bagaimana bila yang pesan dari luar Bandung? Tentunya kami bisa melakukannya juga, namun seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa biaya pengiriman akan menjadi lebih mahal. Contohnya bila satu tanaman tertentu yang bila dikirim tanpa pot bisa muat 10 tanaman dalam 1 kg. Nah, bila dengan pot biasanya 1 tanaman dengan ukuran pot berdiameter 20 bisa menjadi 2 kg berat pengirimannya.

Akan tetapi, untuk pengiriman tanaman hias beserta potnya, kami hanya merekomendasikan maksimal 2 pot dalam satu kali pengiriman. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan bunga dalam pengiriman. Jadi bagaimana cara kami mengemasnya? Simak di bawah ini:

Cara Packing Tanaman Hias Beserta Potnya:

  1. Pertama-tama kami padatkan terlebih dahulu media tanam pada permukaan pot.
  2. Kemudian bagian bunga kami bungkus dengan kertas koran atau semacamnya.
  3. Lalu, agar media tanam tidak tumpah dalam pengiriman. Permukaan pot kami tutup dengan kertas dus yang dibuat sedemikian mungkin agar pas dengan permukaan pot, lalu dirapatkan menggunakan selotip. Dengan begitu, media tanam dalam pot tidak akan tumpah walaupun paket dibolak-balik oleh pihak ekspedisinya.
  4. Kemudian, kami masukkan ke dalam kotak dus yang dibuat sesuai ukuran pot dan tanaman hiasnya.
  5. Nah, agar pot tanaman hiasnya tetap diam dalam perjalanannya. Maka kami gunakan tali rapia yang ditusuk kedalam kotak dus tepat pada permukaan pot, lalu diikatkan ke luar dusnya. Hal ini bertujuan agar tanaman hias tidak bergerak (tetap diam) ketika dia dipaketkan melalui jasa pengiriman sehingga tidak akan terjadi kerusakan.
  6. Setelah itu, tentunya dus ditutup serapat dan serapi mungkin.
  7. Dan, paket tanaman hias beserta potnya pun siap dikirim.

Untuk lebih memperjelas bagaimana kami melakukan packing tanaman hias seperti itu, silahkan bisa ditonton juga melalui video di bawah ini. Jangan lupa untuk klik “subscribe” (berlangganan) pada channel youtube kami untuk mendapatkan update berbagai jenis tanaman hias koleksi kami, juga tips-tips cara perawatannya. Terima kasih.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top