Cantiknya Tanaman Gantung Gewor Hijau

Tanaman hias merupakan perlengkapan rumah yang tidak boleh diabaikan saat ini. Mengapa? Di era sekarang dimana isu pemanasan global masih berlangsung, maka agar rumah kita tidak gersang, perlu dihiasi dengan tanaman hias sehingga terasa segar oleh karenanya. Salah satu tanaman hias yang dapat kami direkomendasikan adalah tanaman gantung seperti gewor hijau.

Gewor hijau merupakan tanaman hias berupa daun yang berwarna hijau dengan garis-garis putih yang menjuntai ke bawah. Karena dia bersifat menjuntai (jatuh ke bawah), maka tanaman ini sangat cocok sekali untuk digantung di teras rumah Anda agar menambah kesegaran.

Di tempat kami (Bandung) tanaman ini disebut dengan nama gewor hijau, tentu di tempat lain bisa saja bernama lain. Bagi yang tahu nama lain dari tanaman ini, alangkah baiknya jika Anda berbagi dengan menyebutkan namanya pada kolom komentar sehingga saling bertambah ilmu antara kami (pembaca) dan Anda.

Tanaman hias ini termasuk tanaman yang bandel karena dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Hanya saja Anda harus memperhatikan penyimpanannya. Tanaman ini tidak terlalu suka kepanasan dan juga tidak terlalu suka bila disimpan di tempat yang terlalu teduh

Oleh sebab itu, gewor hijau termasuk kedalam kategori tanaman hias semi outdoor. Yakni tanaman hias yang perlu cahaya matahari setiap harinya namun tidak suka bila terkena full sun (matahari penuh sepanjang hari).

Untuk membuat tanaman ini berada dalam posisi semi outdoor, Anda bisa menyimpannya di tempat yang hanya terkena matahari pagi saja (dari mulai terbit hingga pukul 11 pagi). Atau disimpan di bawah matahari tidak langsung seperti terdapat paranet dan plastik UV di atasnya.

Namun, bila di tempat Anda memang suhu udaranya terlampau panas. Gewor hijau bisa disimpan dalam ruangan dengan penyiraman sebanyak 2 hari atau 3 hari sekali. Tetapi Anda tetap harus menjemurnya pada matahari pagi sebanyak 2 kali dalam seminggu agar dia tetap bisa melakukan proses fotosintesis demi keberlangsungan hidupnya (membuat makanannya sendiri).

Cara Perawatan Gewor Hijau

  • Perawatan tanaman gantung ini mudah saja. Cukup disiram dengan air bersih setiap 1-2 kali dalam sehari atau tergantung kondisi kelembapannya.
  • Berikan pupuk kandang atau pupuk kompos setiap minimal 6 bulan sekali dan maksimal 3 bulan sekali.
  • Berikan pupuk kimia seperti pupuk NPK setiap minimal 1 bulan sekali dan maksimal 2 minggu sekali dengan menaburkannya sekitar 10 butir per potnya. Bila tidak ada NPK, Anda bisa menggantinya menggunakan penyedap makanan (vetsin).
  • Selalu di cek kondisi media tanam, apabila media tanam gembos, segera tambahkan media tanam agar akar tanaman selalu bisa mencari makanan dari unsur hara yang terdapat pada media tanam.
  • Perkembangan biak dapat dilakukan dengan mudah melalui proses stek.
  • Lakukan penyemprotan pestisida setiap minimal 1 bulan sekali agar tidak terkena hama ulat. Namun, bila Anda tidak suka dengan bau pestisida, bila terdapat ulat atau serangga lainnya, Anda perlu membuangnya dengan tangan Anda sendiri.

Cara Pemesanan

Bagi Anda yang tertarik dengan tanaman gantung yang cantik ini. Anda bisa memesan langsung via shopee kami di: https://shopee.co.id/bibitmawar. Bisa juga dengan memesan langsung via whatsapp kami di 082129115607.

Silahkan tonton juga video singkat dari tanaman hias gewor hijau di bawah ini. Jangan lupa untuk klik subscribe pada channel youtubenya untuk bisa mendapatkan update seputar informasi tanaman hias lainnya. Terima kasih, kami tunggu pesanannya.

Ada juga lho tanaman gewor yang berwarna merahnya, silahkan tengok sebelah sini: Tanaman Gantung Gewor Merah.

Leave a Reply

Top