Cara Agar Tanaman Hias Daun Mengkilap

Bagaimana cara agar tanaman hias daun mengkilap? Bagi pecinta tanaman hias khususnya pecinta tanaman hias seni dedaunan, yakni tanaman yang menonjolkan keindahan daunnya daripada bunganya. Atau tanaman yang memang tidak memiliki bunga, biasanya selalu menginginkan daunnya mengkilap bukan?

Jenis tanaman yang populer sebagai tanaman yang menonjolkan daunnya sebagai fokus utama semisal jenis aglaonema, gelombang cinta, philodendron dan lain sebagainya. Tanaman hias daun seperti ini akan lebih indah dipandang bila kondisinya bersih dan mengkilap.

Namun sayangnya debu selalu saja ada dimana-mana sampai menghinggapi tanaman hias daun kesayangan kita semua. Hal tersebut menjadikan daun tanaman hias menjadi terlihat kusam, kucel dan kurang enak dipandang.

Debu atau kotoran yang menempel pada dedaunan ini biasanya tidak bisa hilang dengan cara menyiram atau menyemprotkan air saja. Memang ketika habis disiram dengan air, ketika daunnya masih basah, akan terlihat seperti bersih kembali. Namun ternyata ketika sudah kering, daun nyatanya masih kotor, betul tidak?

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk membersihkannya?

Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan pengelapan menggunakan kain yang lembut semisal kanebo atau spon pencuci piring (bagian yang halusnya) menggunakan air bersih. Namun, dengan cara ini terkadang daun bisa bersih tapi tidak mengkilap. Tak jarang juga setelah dilap masih saja terlihat kotor ketika sudah kering kembali.

Lalu, bagaimana cara agar tanaman hias daun mengkilap?

Cara yang biasa kami lakukan agar daun pada tanaman hias bersih dan mengkilap adalah sebagai berikut, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan baby oil (merk apapun) dan busa spon atau bisa juga dengan kanebo.
  2. Tuangkan baby oil ke dalam spon bagian halusnya atau kanebo secukupnya.
  3. Lalu gosok-gosok perlahan kepada daun tanaman hias Anda.
  4. Tambahkan lagi baby oil bila dirasa sudah habis di spon atau kanebo yang Anda gunakan.
  5. Lakukan tahapan tersebut kepada seluruh daun tanaman hias yang Anda miliki.

Selesai sudah, kini tanaman hias daun Anda pun pasti bersih dan mengkilap. Mudah sekali bukan? Namun, Anda harus perhatikan bahwa penggunaan baby oil ini tidak boleh digunakan terlalu sering, karena terlalu sering bisa mengakibatkan daun tanaman Anda menjadi kuning.

Gunakan cara ini setiap satu bulan sekali atau maksimal setiap 2 minggu sekali. Silahkan tonton juga cara prakteknya pada video yang telah kami buat di bawah ini. Terima kasih dan selamat menggosok (menyemir) daun tanaman Anda hingga mengkilap.

Leave a Reply

Top