Cara Menanam dan Merawat Bunga Daisy

Tips cara menanam dan merawat bunga daisy ini adalah tips yang diperuntukkan bagi Anda yang membeli bibit bunga daisy via online yang sudah tumbuh (bukan bibit biji) seperti yang kami jual. Namun, untuk perawatannya bisa diterapkan dari tips yang akan kami paparkan di bawah.

Cara Menanam Bibit Bunga Daisy

Bibit daisy yang dibeli dari kami (sudah tumbuh), kami kemas menggunakan kertas pembungkus pada tanamannya dan pada bagian akarnya kami tambahkan cocopeat (serabut kelapa halus). Silahkan lihat selengkapnya bagaimana pengemasan bibit tanaman kami pada artikel sebelumnya disini: Cara Packing Tanaman Hias.

Bila sudah sampai di tempat Anda, tentu Anda harus membuka kotak dus paketnya kemudian keluarkan secara perlahan bunganya. Disini bila Anda membeli bunga daisy, silahkan buka kertas pembungkus tanamannya terlebih dahulu, kemudian Anda berdirikan dengan cara disenderkan pada sesuatu lalu siram dengan air yang cukup banyak.

Sambil meniriskan tanaman daisy yang telah disiram, silahkan siapkan pot dan media tanamnya. Pot yang kami sarankan untuk bibit daisy dari kami adalah pot yang berukuran minimal 20. Pastikan pot yang Anda gunakan memiliki lubang pembuangan air pada bagian bawahnya.

Lalu, media tanam (metan) yang kami rekomendasikan untuk tanaman hias daisy pindahan seperti ini adalah sekam bakar atau sekam mentah atau tanah humus. Kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan metan yang bersifat panas seperti metan yang banyak mengandung pupuk kandangnya.

Bunga Daisy Ungu

Alasannya karena tanaman pindahan biasanya akan mengalami stres terlebih dahulu. Akar tanaman harus beradaptasi dengan metan dan cuaca baru, sehingga bila diberikan metan yang mengandung terlalu banyak pupuk kandang, akar belum kuat menahan sifat panas yang diberikan olehnya. Aplikasi pemupukkan dengan pupuk kandang bisa dilakukan setelah umur 3 minggu Anda mengadopsinya.

Namun, jangan juga Anda menggunakan metan tanah hitam biasa. Hal ini dikarenakan metan tanah biasa teksturnya terlalu padat, akar bunga daisy nantinya akan kesulitan menembus padatnya metan tanah sehingga dia akan kesulitan untuk hidup.

Setelah bunga daisy Anda tanam dengan baik, segera lakukan penyiraman dengan air yang cukup banyak. Lalu pada 3-5 hari pertama, simpanlah bunga daisy di tempat teduh terlebih dahulu agar dia bisa beradaptasi dengan metan dan cuaca baru.

Dalam masa karantina ini, siramlah bunga daisy Anda sebanyak 3 kali dalam sehari (pagi, siang, sore). Anda tidak perlu takut busuk bila menggunakan media sekam, karena metan ini dapat menyerap air secara cepat dan bagi tanaman pindahan, akar perlu banyak mendapatkan air agar bisa cepat beradaptasi.

Untuk mengurangi tingkat stres tanaman pindahan, Anda bisa menggunakan vitamin B1 penguat akar (merk apa pun). Namun, untuk tanaman hias daisy, bila Anda menggunakan metan sekam bakar dan mempraktekkan tips dari kami di atas, biasanya dia tidak perlu menggunakan vitamin ini.

Cara Merawat Bunga Daisy

Bila bunga daisy Anda sudah menunjukkan adaptasi yang bagus (terlihat segar dan berdiri tegak). Maka pindahkanlah dia ke tempat yang terkena matahari penuh sepanjang hari karena tanaman ini merupakan tanaman yang menyukai sinar matahari. Penyiraman disesuaikan dengan tingkat kondisi kelembapannya, jangan terlalu basah dan juga jangan terlalu kering (1-3 kali per hari)

Segera potong bunga yang sudah berwarna kecoklatan dan juga daunnya yang mulai berwarna kuning. Jangan menunggu bunga benar-benar coklat di pohon karena bila didiamkan seperti ini, biasanya bunga daisy akan lama mengeluarkan bakal bunga barunya dan kadang dedaunan di bawah pangkal bunganya malah ikut menjadi coklat (kering).

Sebaliknya, bila bunganya rajin di potong sebelum benar-benar berwarna coklat, biasanya daisy akan lebih mudah mengeluarkan bakal bunga, daun atau tunas barunya dan pohon akan semakin membesar, rimbun dan lebih segar.

Lakukan pemupukkan semisal dengan pupuk NPK setiap minimal 2 minggu sekali atau paling lambat setiap 4 minggu sekali sekitar 10-20 butir. Setelah diberikan pupuk, Anda harus menyiramnya dengan air yang cukup banyak agar pupuk NPK cepat larut dan meresap.

Untuk penggunaan pupuk kandang atau pupuk kompos, Anda cukup memberikannya setiap 3 bulan sekali atau setiap metannya terlihat menyusut (gembos). Sama seperti diatas, setiap kali habis dipupuk, media tanam harus diberi air yang cukup banyak agar nutrisi pupuk cepat meresap dan mengurangi tingkat panas yang ada dalam pupuk.

Catatan: Jangan melakukan pemupukkan NPK dan pupuk kandang bersamaan. Kasih jarak minimal 3 hari.

Itulah tips cara menanam dan merawat bunga daisy. Untuk memperjelas tips ini, kami sudah mempersiapkan juga videonya di bawah ini.

Bila Anda ingin mendapatkan bibit bunga daisy yang sudah tumbuh seperti itu, Anda bisa memesannya kepada kami dengan cara menghubungi kami di no 082129115607 (WA/SMS) atau bisa juga dengan membelinya langsung via shopee kami disini.

Leave a Reply

Top