Tanaman Gantung Gewor Merah

Tanaman gantung gewor merah mungkin akan terdengar asing di telinga para pecinta tanaman hias. Mengapa tidak, karena nama “gewor” ini merupakan nama lokal salah satu tanaman gantung dari banyaknya tanaman gantung yang ada.

Nama tanaman ini disematkan oleh para petani lokal khususnya yang berada di kawasan wisata Cihideung kabupaten Bandung Barat. Tentu tanaman ini pasti akan memiliki nama yang berbeda di tempat lain (diluar kawasan Cihideung Kabupaten Bandung Barat).

Dan, tentu pasti ada nama latin atau nama lain dalam bahasa asing. Namun, jujur saja kami tidak tahu nama lain dari tanaman hias gantung ini. Kami hanya tahu namanya gewor saja. Bagi Anda yang tahu nama lain daripada tanaman ini, alangkah baiknya bila Anda membaginya  dengan cara berkomentar dalam postingan artikel ini.

Lalu, tanaman gantung gewor merah ini seperti apa sih rupanya? Ada dua jenis tanaman gewor merah yakni yang memiliki daun kecil dan daun yang lebih besar. Yuk, langsung tengok penampakannya di bawah ini:

Cantik-kan tanamannya? (kiri gewor daun lebar, kanan daun kecil). Nah, bagi Anda yang tahu nama lain dari tanaman gantung ini selain nama “gewor” silahkan langsung berbagi ya dengan cara berkomentar di bawah.

Lalu, tanaman seperti apa sih si gewor ini?

Tanaman hias bernama gewor merah ini merupakan tanaman yang sangat mudah sekali tumbuh. Dia merupakan jenis tanaman yang sangat cocok digantung karena pertumbuhan daun dan dahannya yang agak lembek bersifat menjalar seperti pada tumbuhan ubi.

Dengan demikian, ketika tanaman ini ditanam pada pot gantung, maka dahan dan dedaunannya akan jatuh – menjuntai kebawah (lihat pada video di bawah). Namun, bukan berarti tanaman ini hanya bisa digantung.

Tentu dia bisa juga ditanam langsung di tanah, hanya saja nanti pertumbuhan dahan dan daunnya  akan menjalar kesana kemari tak beraturan pada permukaan tanah. Oleh karena itu, tanaman ini paling cocok digantung agar lebih sedap dipandang.

Cara Perawatan Tanaman Gantung Gewor Merah

Perawatan tanaman ini sungguh sangat mudah. Tanaman ini akan tumbuh subur bila diberi unsur hara yang mencukupi. Simpanlah gewor merah di tempat yang tidak terlalu panas. Bisa Anda simpan dibawah terik matahari pagi saja atau dibawah terik matahari sepanjang hari namun dengan syarat dikasih naungan (matahari tidak langsung) dengan cara memberikan plastik uv dan paranet di atasnya.

Penyiraman cukup dilakukan 1-2 kali dalam sehari bila Anda menyimpannya di tempat yang terkena matahari seperti pada paragraf sebelum ini. Namun, bila Anda ingin menyimpannya dalam ruangan tertutup (indoor), tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik asal selalu dijemur 2 kali dalam seminggu sambil disiram (sehingga total penyiraman hanya 2 kali dalam seminggu).

Bila Anda ingin memperbanyak tanaman ini, Anda tinggal memotong dahannya dengan sembarang dan tancapkan pada media tanam, mudah sekali bukan? Pemupukkan cukup diberi setidaknya satu bulan sekali menggunakan pupuk NPK atau pun pupuk lainnya.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki tanaman hias gantung ini namun tertarik dengan kecantikannya. Silahkan pesan tanaman ini langsung dengan cara menghubungi kami di nomor 082129115607, atau bisa juga dengan cara langsung membeli via akun shopee kami disini.

Bonus Info

Gewor merah ini ada dua jenis yakni yang daunnya lebar dan daun kecil seperti pada gambar di atas. Kalau dari segi bentuk dan warna daun, gewor merah lebar memiliki daun yang lebih cantik namun ternyata gewor merah daun kecil bisa berbunga lho… bunganya kecil-kecil berwarna pink keunguan.

Selain itu, ternyata ada juga gewor yang berwarna hijau. Untuk bahasan gewor hijau, silahkan baca artikelnya disini: Cantiknya Tanaman Gantung Gewor Hijau.

Silahkan tonton juga video singkat dari tanaman gantung gewor merah di bawah ini ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top