Cara Menanam dan Merawat Peperomia Watermelon

Tanaman hias peperomia watermelon merupakan tanaman indoor dimana daunnya memiliki corak seperti watermelon (semangka), makanya namanya peperomia watermelon (peperomia semangka). Nama lain dari tanaman ini adalah peperomia argyreia atau kadang disebut juga dengan begonia semangka.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara menanam dan merawat peperomia watermelon khususnya bagi Anda yang membeli tanaman ini via online, baik itu dari kami maupun dari penjual tanaman online lainnya. Silahkan disimak tipsnya berikut ini:

Cara Menanam Peperomia Watermelon  

Tentunya hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuka paket tanaman. Bukalah paket secara hati-hati, lalu buka pembungkus tanaman yang biasanya menyelimuti dedaunannya (biasanya menggunakan kertas). Setelah terbuka, siramlah daun-daunnya dengan air agar lebih segar lalu diamkan (tiriskan sejenak).

Sambil peperomia ditiriskan, siapkanlah pot yang sesuai dengan ukuran peperomia watermelon yang Anda beli. Pastikan pot yang Anda beli memiliki lubang pembuangan air agar air tidak menggenang di dalam pot.

Siapkan media tanam yakni sekam bakar atau media tanam kemasan yang biasanya mudah kita temui  di toko pertanian. Kemudian, buka pembungkus akar tanaman yang biasanya menggunakan plastik polibag.

Bila Anda membeli peperomia semangka dari kami, pada akar terdapat cocopeat (sabut kelapa halus), nah cocopeatnya tidak usah dibuang tetapi ikut ditanamkan juga. Tanamkan persis di tengah-tengah pot agar lebih cantik dilihatnya.

Setelah tertanam dengan baik, segera siram tanaman dengan air. Kemudian, hal yang harus Anda perhatikan adalah penempatan. Pada tahap awal, peperomia watermelon bisa jadi mengalami stres dulu karena perbedaan cuaca atau lingkungan baru dan media baru dengan ciri-ciri menjadi layu.

Anda tidak perlu khawatir, Anda cukup menyimpannya di tempat yang terkena udara luar ruangan namun tidak terkena sinar matahari. Penyiraman dilakukan ketika media tanam terlihat kering, bisa jadi hanya perlu disiram 1x/hari atau 2-3 hari sekali. Bila sudah segar (biasanya sekitar 1 mingguan), peperomia dapat Anda pindahkan tetap di dalam ruangan (indoor) atau pun semi outdoor.

Bila Anda menyimpannya di dalam ruangan, siram cukup 2-3 hari sekali (tergantung tingkat kelembapan media). Kemudian, Anda perlu menjemurnya pada matahari pagi setiap minimal 2 kali dalam seminggu.

Bila Anda menyimpannya diluar ruangan, jangan sampai tanaman hias ini terkena sinar matahari langsung. Simpan di bawah matahari pagi (misal dari jam 7 sampai jam 11 siang) dengan intensitas penyiraman 1x/hari (tergantung kondisi kelembapannya).

Namun, bila Anda menyimpannya di bawah canopy dengan sinar matahari sepanjang hari, bisa jadi penyiramannya harus dilakukan 1-2x/hari. Namun, kadang dia tidak kuat bila menerima matahari walaupun atasnya sudah pakai canopy dengan ciri-ciri biasanya pinggiran daun mengalami kecoklatan (kering). Bila itu yang terjadi, berarti Anda harus menambahkan paranet di atas canopy Anda agar matahari bisa lebih tersaring.

Cara Merawat Peperomia Watermelon

Keutamaan dari tanaman hias ini adalah daunnya yang mirip dengan semangka. Jadi, semakin rimbun dan mulus daunnya, maka semakin bagus hasilnya. Namun, terkadang daunnya bisa saja bolong atau sobek dimakan serangga. Bila begitu, segera saja gunting daun yang jeleknya agar daun baru bisa lebih cepat tumbuh.

Berikanlah pupuk NPK setiap minimal sebulan sekali agar tanaman ini tetap subur, berikan sedikit saja sekitar 10-20 butir pada permukaan media tanam. Setelah itu, segera siram hingga butiran NPKnya larut meresap kedalam media tanam.

Walaupun keutamaan dari tanaman ini adalah daunnya yang cantik seperti semangka, namun sebenarnya dia memiliki bunga yang bentuknya lancip ke atas. Nah, bila Anda suka dengan bunganya tersebut, maka biarkanlah dia tumbuh. Namun, bila Anda lebih memilih untuk agar daunnya cepat rimbun, Anda harus segera memotong bunganya agar nanti daunnya lebih cepat tumbuh yang baru.

Untuk lebih memperjelas artikel ini, kami telah menyiapkan juga videonya untuk Anda. Silahkan ditonton di bawah ini.

Catatan:

Tips perawatan yang kami paparkan disini merupakan dasar perawatan dari tanaman hias peperomia watermelon, karena sebenarnya perawatan tanaman hias ini tidak ada yang baku. Jadi berbagai faktor lain yang berbeda bisa mengakibatkan perbedaan perawatannya juga.

Bila Anda ingin memiliki tanaman hias ini, Anda bisa langsung memesannya kepada kami melalui kontak WA di 082129115607 atau bisa juga pesan via shopee kami disini: shopee.co.id.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top