Tips Untuk Mengurangi Tingkat Stres Pada Tanaman

Bila Anda membeli tanaman hias via online, maka ada kemungkinan tanaman Anda mengalami stres terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena pengiriman tanaman online biasanya media tanamnya dilepas dan hanya menyisakan sedikit seperti pada pengemasan tanaman hias kami. Anda bisa melihat pada artikel kami sebelumnya bagaimana pengemasan tanaman hias yang kami lakukan disini: Proses Pengemasan Tanaman Hias.

Penjual tanaman hias online, pada umumnya melakukan pengemasan kurang lebih seperti itu. Hal tersebut bertujuan agar tanaman dapat dikirim lebih aman dan ongkos kirim tidak membengkak. Namun, oleh karena sebab itu pula dan juga dikarenakan tanaman mengalami perjalanan jauh berhari-hari, maka ada kemungkinan tanaman stres ketika Anda terima.

Faktor lainnya yang membuat tanaman biasanya stres adalah lingkungan baru dimana biasanya suhu atau udara yang berbeda, media tanam yang berbeda, dll. Oleh karenanya tanaman pindahan ini perlu adaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Sebenarnya Anda bisa langsung saja menanamnya, kunci utama menanam tanaman baru pindahan adalah dengan tidak menyimpannya di tempat yang kena matahari sampai dia segar kembali. Hanya saja proses adaptasinya kadang bisa menjadi agak lama. Namun, ada teknik yang bisa mengurangi tingkat stres pada tanaman baru Anda yang dibeli via online. Silahkan terus disimak bahasannya dibawah ini.

Gunakan Vitamin B1 Penguat Akar

Ambilah air bersih kedalam sebuah ember sebanyak 2,5 liter. Kemudian tambahkan vitamin B1 penguat akar (merk apa pun) kedalam air tersebut lalu aduk agar tercampur merata. Lalu, Anda tinggal merendam akar tanaman yang baru Anda dapatkan kedalamnya selama kurang lebih 2 jam.

Setelah direndam selama kurang lebih 2 jam, biasanya tanaman yang tadinya layu akan terlihat lebih segar kembali. Setelah itu, barulah Anda bisa menanamkan tanaman Anda ke dalam pot yang sudah Anda siapkan.

Vitamin B1 penguat akar ini biasanya dapat Anda dapatkan secara mudah di toko-toko pertanian. Selain cara yang telah kami paparkan di atas, Anda bisa juga melakukan cara atau petunjuk yang tertera pada setiap kemasan vitamin B1 penguat akar yang Anda beli.

Untuk melengkapi bahasan artikel tips untuk mengurangi tingkat stres pada tanaman ini. Kami sudah membuatkan juga video prakteknya. Silahkan ditonton di bawah ini ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top