Cara Menanam Bunga Geranium

Pada artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana cara menanam bunga geranium khusus bagi Anda yang membeli bibit geranium yang sudah tumbuh (bukan biji) via online, terutama pembelian dari toko online kami.

Bunga geranium yang kami kirim adalah tanaman yang sudah jadi dengan pengiriman tanpa menggunakan pot. Anda bisa melihat atau membaca terlebih dahulu bagaimana kami melakukan pengemasan tanaman hias kami disini: Proses Pengemasan Tanaman Hias Kami.

Bunga geranium merupakan tanaman yang rentan stres, oleh karena itu pengiriman yang bisa dilakukan untuk tanaman hias ini tidak boleh menggunakan jasa kirim dimana estimasi sampainya lebih dari 4 hari. Walaupun rentan stres, namun ada tahapan yang dapat Anda lakukan agar bunga ini dapat beradaptasi di tempat Anda.

Tahapan Menanam Bunga Geranium

  • Buka pembungkus tanamannya yang biasanya kami gunakan kertas semacam koran atau yang sejenisnya. Buka perlahan dan hati-hati untuk menghindari kerusakan.
  • Seperti yang telah disebutkan di atas, bunga geranium memang rentan stres. Ketika Anda menerima tanaman ini, biasanya terdapat beberapa daun yang menguning dan agak layu. Namun jangan khawatir, selama tangkai atau batangnya masih hijau, geranium masih dapat ditanam.
  • Bila terdapat daun yang kekuningan, Anda pangkas saja hingga menyisakan daun yang masih hijaunya.
  • Setelah dipangkas habis bagian daun yang menguning, ambil semprotan burung dan semprot daun beserta batangnya agar geranium bisa lebih segar kembali. Bila tidak memiliki semprotan, Anda bisa juga cukup dengan mengguyurkan air agar batang dan daunnya basah.
  • Bila Anda membeli bibit bunga geranium dari kami, khusus geranium pada bagian akarnya kami gunakan kapas berair. Berbeda dengan tanaman hias lainnya yang biasanya menggunakan cocopeat pada akarnya.
  • Buka polybag pembungkus akarnya, namun kapas yang ada di akar tidak usah dibuang. Kapasnya ikut ditanamkan saja agar geranium bisa lebih cepat beradaptasi.
  • Kemudian siapkan pot dan media tanamnya. Pot yang cocok untuk geranium adalah pot gantung dengan ukuran antara 17-20 cm. Media tanam yang dapat dipakai bisa dengan media tanam yang sudah jadi (banyak terdapat di toko alat pertanian) atau media tanam sekam mentah, sekam bakar, humus.
  • Setelah tertanam dengan baik, geranium harus dilakukan karantina (masa adaptasi) yakni dengan cara menyiram secukupnya. Kemudian simpan geranium di luar ruangan agar mendapatkan udara luar namun jangan sampai terkena sinar matahari dulu sampai dia segar kembali. Biasanya lama adaptasi sekitar 2-4 minggu. Selama masa adaptasi, penyiraman cukup dilakukan 3-5 hari sekali.
  • Intensitas penyiraman pada tahapan adaptasi akan berbeda sesuai jenis media tanam yang digunakan, bila media tanamnya agak padat, penyiraman bisa jadi hanya perlu 5 hari sekali karena air lama terbuangnya. Bila menggunakan media yang tidak padat seperti menggunakan sekam, bisa jadi siramnya perlu 3 hari sekali karena media ini cepat menyerap air. Anda bisa memperhatikan kondisi kelembapannya, yang penting siram ketika media terlihat kering.
  • Inti daripada merawat geranium adalah jangan sampai medianya tergenang dengan air karena dia tidak suka bila terlalu banyak air. Nah, bila geranium sudah dapat beradaptasi di tempat Anda. Pindahkan dia ke tempat yang terkena matahari pagi saja atau matahari tidak langsung. Intensitas penyiraman dirubah menjadi sehari sekali atau 2 hari sekali (tergantung kelembapannya).

Untuk lebih membuat tanaman ini cepat beradaptasi, Anda bisa juga menambahkan penggunaan vitamin B1 penguat akar. Cara penggunaan vitamin ini dapat Anda baca pada postingan kami sebelumnya disini.

Oke, itu tadi tips cara menanam bunga geranium. Namun, yang harus Anda perhatikan lainnya adalah bahwa merawat tanaman hias itu sebenarnya tidak ada cara yang baku, karena semuanya tergantung berbagai faktor. Namun, tips yang kami berikan adalah tips dasar khusus tanaman geranium yang dapat Anda praktekan.

Untuk melengkapi tips menanam geranium ini, kami sudah membuatkan juga video prakteknya. Silahkan ditonton juga videonya di bawah ini ya. Terima kasih.

Bila Anda ingin mendapatkan bibit geranium seperti itu, Anda bisa memesannya langsung via wa kami di 082129115607 atau via bukalapak dan shopee kami (klik linknya). Terima kasih.

One thought on “Cara Menanam Bunga Geranium

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top