Tips Penanganan dan Perawatan Tanaman Hias Blue Eyes

Bagaimana tips penanganan dan perawatan tanaman hias blue eyes yang dibeli via online (bukan benih biji), namun merupakan bibit yang sudah tumbuh? Sebelum kita bahas bagaimana penanganan dan perawatannya, bagi yang belum terlalu kenal dengan tanaman hias ini, boleh kenalan dulu dengan membaca postingan sebelumnya tentang tanaman ini disini ya: Tanaman Hias Blue Eye.

Cara Penanganan Tanaman Blue Eyes

Pertama-tama setelah paket tanaman Anda datang, ambil bibit blue eyes dari dalam kotak dus dan ambil secara perlahan.

Kemudian buka kertas pembungkus tanamannya sehingga terlihat dedaunannya, pada tahapan ini pembungkus akar tidak usah dibuka dulu.

Semprot dedaunan blue eyes dengan menggunakan semprotan hingga basah atau dengan cara disiramkan pakay gayung, tujuannya adalah agar tanaman bisa lebih segar lagi setelah beberapa hari terpendam di dalam paket.

Sambil tanamannya ditiriskan setelah diberi air, persiapkan pot dan media tanamnya. Media tanam bisa menggunakan sekam bakar, sekam mentah, humus atau media tanam yang banyak dijual di toko perkebunan.

Selanjutnya, ambil bibit blue eyes dan buka plastik pembungkus akarnya. Tanam serapi mungkin dan posisikan tanaman di tengah-tengah pot. Setelah tertanam dengan rapi, segera siram dengan air yang cukup banyak agar tanaman bisa cepat segar kembali.

Tanaman hias Blue Eyes adalah tanaman matahari penuh, jadi penyimpanannya harus di tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Namun, karena tanaman yang dibeli via online didapatkan tanpa media tanam, untuk sementara waktu tanaman harus di simpan di lokasi teduh terlebih dahulu.

Simpan selama 3-5 hari atau sampai tanaman benar-benar beradaptasi dengan baik. Pada masa itu, penyiraman dilakukan sesuai tingkat kelembapannya. Bila tanaman sudah segar, maka dia wajib dipindahkan ke lokasi yang terkena matahari penuh sepanjang hari.

Cara Perawatan Tanaman Blue Eyes

Blue Eyes secara alami akan tumbuh tidak rapi, batangnya pasti akan banyak yang panjang sebelah dan pendek sebelah. Bila Anda menginginkan blue eyes berbentuk bulat rapi, maka Anda harus sering memotong batang-batangnya agar menjadi bulat.

Agar pertumbuhannya bagus, minimal dalam satu bulan sekali, berikanlah pupuk NPK sekitar 10 butir agar tanaman ini tetap subur dan minimal 3 bulan sekali diberikan pupuk kandang atau pupuk kompos di permukaan media tanamnya.

Penyiraman blue eyes dilakukan setiap 1-2 kali perhari atau tergantung tingkat kelembapan media tanamnya. Untuk memperjelas tips ini, bisa dilihat juga videonya di bawah ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top